Hubungan Peran Mahasiswa dan Cara Pembimbingan dengan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Busana


Zulfa., 5401407061 (2012) Hubungan Peran Mahasiswa dan Cara Pembimbingan dengan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Busana. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Peran Mahasiswa dan Cara Pembimbingan dengan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Busana] Microsoft Word (Hubungan Peran Mahasiswa dan Cara Pembimbingan dengan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Busana) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Karya ilmiah merupakan bagian dari kebutuhan formal akademik disetiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Salah satu bentuk karya ilmiah yang menjadi persyaratan mahasiswa lulus dalam suatu perguruan tinggi adalah penulisan skripsi. Masa penulisan skripsi idealnya diselesaikan dalam kurun waktu 6 bulan (1 semester). Masa studi mahasiswa S1 PKK dalam hal ini Prodi S1 PKK Konsentrasi Tata Busana selesai rata-rata 5 – 7 tahun disebabkan oleh masa penyelesaian skripsi yang lama berkisar 2 – 4 semester. Pedoman akademik Unnes (2010) menyatakan bahwa mahasiswa dapat mengambil skripsi apabila telah menempuh 90 SKS tanpa nilai E. Skripsi memiliki bobot 6 SKS yang biasanya ditempuh pada semester 8. Bobot 6 SKS ini menunjukan bahwa skripsi memerlukan konsentrasi yang lebih, menyita banyak waktu, tenaga dan biaya baik pada diri mahasiswa maupun pada saat melakukan pembimbingan skripsi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka dibutuhkan peran mahasiswa dan cara pembimbingan yang baik agar masa penulisan skripsi tidak berlangsung lama.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan peran mahasiswa dengan masa penulisan skripsi mahasiswa Prodi S1 PKK Konsentrasi Tata Busana, (2) hubungan cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi mahasiswa Prodi S1 PKK Konsentrasi Tata Busana, (3) hubungan peran mahasiswa dan cara pembimbingan dengan masa skripsi Prodi S1 PKK Konsentrasi Tata Busana. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa alumni Prodi S1 PKK Konsentrasi Tata Busana angkatan 2002 – 2004 Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang sebesar 79 mahasiswa. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel secara proporsional dengan acak yaitu 30 dari populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket, sedangkan analisis datanya menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Peran mahasiswa dalam masa penulisan skripsi cukup aktif dengan rerata skor 34,57, cara pembimbingan memiliki rerata skor 24,2 dengan criteria baik, dan masa penulisan skripsi dalam kategori 2 semester (6,8 bulan). (2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara peran mahasiswa dengan masa penulisan skripsi (P > 0,05) dengan nilai r sebesar 0,278 (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara cara pembimbingan skripsi dengan masa penulisan skripsi (P > 0,05). Terdapat hubungan yang negatif antara cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi yang ditunjukkan dengan nilai r pada hasil analisis korelasi sederhana sebesar r = -0,122, yang berarti bahwa semakin sering melakukan pembimbingan maka masa penulisan skripsi semakin cepat selesai.(4) Tidak ada hubungan yang signifikan antara peran mahasiswa dan cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi(P > 0,05) dengan nilai R = 0,066 menunjukkan hubungan yang sangat rendah antara peran mahasiswa dan cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Mahasiswa perlu meningkatkan keterlibatannya dalam penulisan karya ilmiah. (2) mempublikasikan skripsi. (3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor – faktor lain yang berhubungan dengan masa penulisan skripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peran mahasiswa, cara pembimbingan, masa penulisan skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:57
Last Modified: 06 Jul 2012 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item