Program Pewarnaan Graf untuk Pemodelan Penjadwalan Ujian Semester di Jurusan Matematika Unnes


Indra Bayu Muktyas, 4150406043 (2010) Program Pewarnaan Graf untuk Pemodelan Penjadwalan Ujian Semester di Jurusan Matematika Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Program Pewarnaan Graf untuk Pemodelan Penjadwalan Ujian Semester di Jurusan Matematika Unnes] Microsoft Word (Program Pewarnaan Graf untuk Pemodelan Penjadwalan Ujian Semester di Jurusan Matematika Unnes) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Di jurusan Matematika Unnes, penjadwalan ujian semester dilakukan secara manual. Kemudian dilakukan perevisian jadwal yang terkadang memakan waktu sangat lama karena tumbuk jadwal satu dengan yang lain. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan sangat mudah dengan pewarnaan titik graf. Sebuah pewarnaan titik dari graf G=(V,E) adalah sebuah pemetaan di mana titik–titik yang bertetangga berwarna berbeda di N, yaitu jika sisi maka . Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana peran-cangan progam komputer untuk menyelesaikan pewarnaan graf, bagaimana visualisasi masalah penjadwalan ujian semester di Jurusan Matematika Unnes dalam graf, dan bagaimana hasil pewarnaan graf dalam menyelesaikan masalah penentuan jadwal ujian semester di Jurusan Matematika Unnes. Metode yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah studi pustaka, perumusan masalah mengenai program komputer dari algoritma Welch dan Powell dengan eksperimen, pemodelan ujian semester di Jurusan Matematika Unnes dalam bentuk graf, serta aplikasi program komputer tersebut dalam penjadwalan ujian semester di jurusan Matematika Unnes ke dalam bentuk graf. Selanjutnya disusun pemecahan masalah dalam bentuk pembahasan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat progam komputer untuk menyelesaikan pewarnaan graf adalah dengan membuat diagram alur algoritma Welch dan Powell kemudian mengubahnya ke dalam bahasa pemrograman VBA pada Microsoft Excel. Penjadwalan ujian semester di Jurusan Matematika Unnes dapat divisualisasikan dalam bentuk matriks ketetanggaan graf. Dari program komputer yang dibuat, diperoleh hasil 24 warna (periode waktu) berbeda untuk 84 mata kuliah pada semester genap tahun 2009/2010. Angka tersebut dapat dikelompokkan menjadi 8 hari karena tiap hari ada 3 warna (periode waktu). Hasil ini sangat membantu petugas bidang akademik. Penulis menyarankan agar program tersebut ditingkatkan lagi dalam hal kecepatan, ketepatan jadwal, dan kemudahan mengakses. Akan lebih baik lagi jika variabel-variabel lain seperti ruang kelas dan dosen dimasukkan pula ke dalam program tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, mata kuliah, penjadwalan ujian semester, pewarnaan graf, visual basic application.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:48
Last Modified: 06 Jul 2012 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13117

Actions (login required)

View Item View Item