Kesiapan Laboratorium Kimia dalam Mendukung Implementasi Pelaksanaan KTSP di SMA se-kabupaten Temanggung


M. Nur Roiisul, 4301406078 (2011) Kesiapan Laboratorium Kimia dalam Mendukung Implementasi Pelaksanaan KTSP di SMA se-kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesiapan Laboratorium Kimia dalam Mendukung Implementasi Pelaksanaan KTSP di SMA se-kabupaten Temanggung] Microsoft Word (Kesiapan Laboratorium Kimia dalam Mendukung Implementasi Pelaksanaan KTSP di SMA se-kabupaten Temanggung) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran kimia sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut guru untuk mampu mengelola pembelajaran secara optimal dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran. Laboratorium sebagai salah satu sumber pembelajaran kimia sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan laboratorium kimia di SMA se-kabupaten Temanggung dalam mendukung implementasi pelaksanaan KTSP. Satuan kajian pada penelitian ini adalah laboratorium kimia di 9 SMA se-kabupaten Temanggung. Fokus penelitian ini adalah kesiapan laboratorium kimia di SMA se-kabupaten Temanggung dalam mendukung implementasi pelaksanaan KTSP dengan mengkaji empat indikator kesiapan, yaitu: desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan penyelenggaraan praktikum dan kelengkapan alat dan bahan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data hasil pengukuran dari berbagai metode digunakan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan secara keseluruahn dinyatakan bahwa SMA Negeri 2 Temanggung, SMA Negeri 1 Pringsurat, SMA Negeri 1 Temanggung, SMA Negeri 3 Temanggung dan MA Assalam mempunyai kesiapan lebih baik dibandingkan dengan SMA Negeri 1 Parakan, SMA Muhammadiyah, MA Negeri Temanggung dan SMA PGRI dengan presentase masing-masing sebesar 88,51%; 87,88%; 84,46%; 83,52%; 81,64%; 80,40%; 79,52%; 78,40% serta 71,22%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laboratorium kimia di SMA se-kabupaten Temanggung siap dalam mendukung implementasi pelaksanaan KTSP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan, laboratorium kimia, KTSP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:45
Last Modified: 06 Jul 2012 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item