Hubungan Kausal antara Kemampuan Numerik dan Kemampuan Reasoning dengan Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas II SMK Ganesha Tama Boyolali


SRI KARYAWATI, 421906006 (2011) Hubungan Kausal antara Kemampuan Numerik dan Kemampuan Reasoning dengan Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas II SMK Ganesha Tama Boyolali. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Kausal antara Kemampuan Numerik dan Kemampuan Reasoning dengan Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas II SMK Ganesha Tama Boyolali] Microsoft Word (Hubungan Kausal antara Kemampuan Numerik dan Kemampuan Reasoning dengan Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas II SMK Ganesha Tama Boyolali) - Published Version
Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban atas masalah (1) ada atau tidak adanya hubungan kausal antara kemampuan numerik dengan penguasaan konsep fisika, (2) ada atau tidak adanya hubungan kausal antara kemampuan reasoning dan penguasaan konsep fisika, (3) berapa besar pengaruh numerik dan kemampuan reasoning terhadap penguasaan konsep fisika. Penelitian dilakukan dengan metode kausal korelasional, sedangkan analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur (part analysis) dengan pegangan bahwa koefisien jalur < 0,05 dianggap tidak berarti. Hasil penelitian adalah (1) terdapat hubungan kausal yang signifikan antara kemampuan numerik dan penguasaan konsep fisika (dengan koefisien jalur 0,68), (2) terdapat hubungan kausal yang signifikan antara kemampuan reasoning dan penguasaan konsep fisika (dengan koefisien jalur 0,1), (3) besarnya pengaruh kemampuan numerik dan kemampuan reasoning dengan penguasaan konsep fisika sebesar 54%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan numerik, kemampuan reasoning, part analysis dan penguasaan konsep fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:40
Last Modified: 06 Jul 2012 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item