Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Wanasari Brebes


Infarul Khotoya, 4201405529 (2010) Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Wanasari Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Wanasari Brebes] Microsoft Word (Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok Buzz (Buzz Group) Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Wanasari Brebes) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan masa depan bangsa, sebab maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada kualitas pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan adalah penggunaan teknik dalam proses pembelajaran. Observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 4 Wanasari Brebes, diperoleh fakta bahwa guru masih mengunakan teknik pembelajaran yang monoton yaitu teknik ceramah dalam melaksanakan pembelajaran Fisika. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar Fisika Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran partisipatif dengan teknik kelompok buzz (buzz group) dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa pada pokok bahasan besaran dan satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wanasari Brebes tahun pelajaran 2009 / 2010. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dari populasi penelitian yang berjumlah enam kelas diambil sebanyak dua kelas sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas VII E) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (kelas VII B) masing-masing berjumlah 44 siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test untuk mengetahui kemampuan awal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian perlakuan pembelajaran partisipatif dengan teknik kelompok buzz pada kelas eksperimen sebanyak tiga kali pertemuan dan pemberian perlakuan pembelajaran dengan teknik ceramah pada kelas kontrol sebanyak tiga kali pertemuan, kemudian mengadakan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan akhir dari masing-masing kelas tersebut. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen pre test dan post test dalam bentuk pilihan ganda masing-masing berjumlah 20 butir soal. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Penelitian menunjukan bahwa hasil belajar Fisika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran partisipatif dengan teknik kelompok buzz lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik kelompok buzz dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa pada pokok bahasan besaran dan satuan. Pembelajaran partisipatif dengan teknik kelompok buzz dapat dijadikan alternatif untuk dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelompok buzz, metode, partisipatif, teknik pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:30
Last Modified: 06 Jul 2012 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item View Item