Bahan Pembelajaran Mandiri secara Online dengan menggunakan MOODLE Pokok Bahasan Usaha dan Energi di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang


W. A. Bittaqwa, 4201404072 (2011) Bahan Pembelajaran Mandiri secara Online dengan menggunakan MOODLE Pokok Bahasan Usaha dan Energi di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bahan Pembelajaran Mandiri secara Online dengan  menggunakan MOODLE Pokok Bahasan Usaha dan Energi di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Bahan Pembelajaran Mandiri secara Online dengan menggunakan MOODLE Pokok Bahasan Usaha dan Energi di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keterbatasan ruang,dan waktu, jumlah peserta didik yang terus bertambah, serta materi usaha dan energi yang bersifat abstrak menjadikan kendala utama bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Pembelajaran online dengan MOODLE sebagai suplemen dalam pembelajaran merupakan salah satu solusi dari permasalahan di atas yang diharapkan mampu membantu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menunjukkan perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan suplemen dengan mahasiswa yang tidak mendapatkan suplemen dalam pembelajaran serta tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Fisika UNNES Tahun Pelajaran 2009/2010. Sampel diambil satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol secara acak yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas sampel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (penelitian dan pengembangan) yang dapat diartikan sebagai suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes dan angket. Untuk menganalisis data penelitian digunakan uji hipotesis berupa uji-t dua pihak. Uji angket digunakan untuk mengetahui tingkat ketertarikan user terhadap media online yang dikembangkan oleh peneliti. Dari uji hipotesis hasil penelitian, diperoleh nilai t sebesar 8.28. Kriteria pengujian atau hipotesisnya (H0) adalah: Tidak ada perbedaan prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol apabila –ttabel< thitung<ttabel dan tolak H0 jika thitung mempunyai harga-harga lain. Dari hasil analisis uji-t nilai t tersebut berada di luar daerah penerimaan yaitu antara -2.00 sampai 2.00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa kelompok eksperimen dan mahasiswa kelompok kontrol, dengan hasil siswa yang diberi suplemen berupa media online memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak diberi suplemen. Hasil angket menunjukkan prosentase tingkat ketertarikan user sebesar 80.73%. Hal ini berarti media online menggunakan MOODLE yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Moodle, Online, Media Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:25
Last Modified: 06 Jul 2012 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item