Efektifitas Modul Pembelajaran Gambar Batu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang


Pijar Rokhmantoko., 5101407030 (2012) Efektifitas Modul Pembelajaran Gambar Batu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Modul Pembelajaran Gambar Batu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang] Microsoft Word (Efektifitas Modul Pembelajaran Gambar Batu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa dengan sistem modul pembelajaran gambar batu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis Randomized Kontrol Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang yang mengikuti mata pelajaran gambar batu semester ganjil tahun 2011/2012, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X GB 2 sebagai kelas eksperimen dan X GB 3 sebagai kelas kontrol. Eksperimen dilakukan dengan memberikan tes awal pada kedua kelas diikuti dengan proses pembelajaran dan tes akhir. Kelas eksperimen diberi proses pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran, sedangkan kelas kontrol diberi proses pembelajaran dengan metode konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu cluster random sampling. Metode yang digunakan untuk mengambil data yaitu metode dokumentasi, metode tes. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis melalui 2 tahap yaitu uji pre test dan uji post test. Analisis data pre test diperoleh hasil bahwa uji kesamaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 1,8805 sedangkan Ftabel = 2,00, karena Fhitung < Ftabel maka kedua kelompok tersebut mempunyai kesamaan rata-rata yang sama. Sedangkan analisis data post test diperoleh hasil bahwa uji perbedaan kedua rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 6,311 > ttabel = 1,997, maka hipotesis Ho ditolak. Oleh karena Ho ditolak berarti metode pembelajarran modul lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh adalah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul pembelajaran dan pembelajaran konvensional pada kompetensi Gambar Bangunan, siswa yang diajar menggunakan modul pembelajaran memperoleh hasil belajar (80,42) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional (69,92). Modul pembelajaran dapat disarankan untuk digunakan sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Modul, Hasil Belajar Gambar Batu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jul 2012 01:39
Last Modified: 06 Jul 2012 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item View Item