KARAKTRISTIK DAN TINGKAT KEPUASAN PENUMPAN TERHADAP PELAYANAN BUS DAMRI JURUSAN NGALIYAN-PUCANGGADING


MUHAMMAD HUSNI MUBAROK, 5101406006 (2011) KARAKTRISTIK DAN TINGKAT KEPUASAN PENUMPAN TERHADAP PELAYANAN BUS DAMRI JURUSAN NGALIYAN-PUCANGGADING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KARAKTRISTIK DAN TINGKAT KEPUASAN PENUMPAN TERHADAP PELAYANAN BUS DAMRI JURUSAN NGALIYAN-PUCANGGADING] Microsoft Word (KARAKTRISTIK DAN TINGKAT KEPUASAN PENUMPAN TERHADAP PELAYANAN BUS DAMRI JURUSAN NGALIYAN-PUCANGGADING) - Published Version
Download (23kB)

Abstract

Dalam era globalisasi dalam perkembangannya sudah semakin maju dan canggih telah menyebabkan alat transportasi yang ada berkembang mengikuti perkembangan sesuai dengan kemajuannya, sehingga manusia sebagai pengguna alat transportasi yang modern dan canggih segala keinginan dan kebutuhan manusia dapat terlayani. Dari kebutuhan jasa transportasi yang dinikmati dan dirasakan, oleh pengguna menimbulkan kepuasan dan ketidakpuasan ini harus diimbangi dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa angkutan umum. Alat transportasi yang menyediakan jasa angkutan umum banyak sekali khususnya di Kota Semarang. Salah satu dari pengusaha angkutan umum di Kota Semarang adalah Perum Damri yang melayani trayek Ngaliyan-Pucanggading mempunyai penumpang yang paling banyak rata-rata per harinya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode angket atau kuisioner. Angket atau kuisioner dalam hal ini digunakan untuk mendapatkan data mengenai karakteristik penumpang dan tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Bis Damri, khususnya jurusan Ngaliyan-Pucanggading. Setelah data diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan bantuan spread sheet. Analisis dan pembahasaan dilakukan mengidentifikasi data yang ada. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik penumpang Bis Damri jurusan Ngaliyan- Pucanggading paling banyak adalah berumur 24-50 tahun yaitu sebanyak (46%) penumpang. Pendidikan terakhir paling banyak adalah SMA yaitu (49%) penumpang. Jenis Pekerjaan paling banyak adalah pegawai swasta (43%) penumpang. Jenis Kelamin anata laki-laki dengan perempuan lebih banyak laki-laki yaitu (57%) penumpang. Tingkat pendapatan >1 juta, 1-5 juta dan <5 juta paling banyak adalah >1 juta sebanyak (86%) penumpang. Tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Bis Damri meliputi beberapa item yaitu: keandalan sopir dalam mengoperasikan kendaraan adalah baik sebanyak (77%) penumpang, keandalan mengenai sopir menurunkan dan menaikkan penumpang baik sebanyak penumpang (73%) penumpang, ketepatan waktu tempuh perjalanan biasa sebanyak (64%) penumpang, mengenai jarak antar kendaraan biasa sebanyak (61%) penumpang, kebersihan ruangan bis baik sebanyak (75%) penumpang, Mengenai penampilan kondisi Bis baik sebanyak (82%) penumpang, kesabaran dan keramahan kondektur Bis dalam menangani kesulitan-kesulitan penumpang baik sebanyak (80%) penumpang, mengenai sikap kondektur dalam meminta ongkos baik sebanyak (79%) penumpang, kesigapan Damri dalam membenahi fasilitas bis yang rusak (TV/musik, AC, Kursi dll) baik sebanyak (60%) penumpang, mengenai upaya peningkatan pelayanan baik sebanyak (63%) penumpang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakteristik,pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jul 2012 01:30
Last Modified: 06 Jul 2012 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item