Uji Kandungan Timbal (Pb) dalam Daun Tanaman Peneduh di Jalan Protokol Kota Semarang


Pawit Dwi Istiaroh, 4450407017 (2012) Uji Kandungan Timbal (Pb) dalam Daun Tanaman Peneduh di Jalan Protokol Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Uji Kandungan Timbal (Pb) dalam Daun Tanaman Peneduh di Jalan Protokol Kota Semarang] Microsoft Word (Uji Kandungan Timbal (Pb) dalam Daun Tanaman Peneduh di Jalan Protokol Kota Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Kota Semarang berpotensi menaikkan jumlah pencemaran udara hasil gas buang. Gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor pengguna bahan bakar bensin bertimbal mengemisikan Pb ke dalam lingkungan dan berpotensi terjerap dan terserap ke dalam jaringan daun tanaman peneduh jalan. Penelitian bertujuan untuk menguji kandungan timbal (Pb) dalam daun tanaman peneduh di jalan protokol Kota Semarang. Sampel penelitian adalah daun angsana (Pterocarpus indicus Willd), glodokan (Polyalthia longifolia Bent & Hook. F) dan mahoni (Swietenia mahagoni (L.) Jacq.) yang dominan digunakan sebagai peneduh di lima jalan protokol Kota Semarang yaitu Jl. Kalibanteng, Jl. Pemuda, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Kaligawe dan Jl. Setyabudi. Variabel utamanya adalah kandungan Pb dalam daun tanaman angsana, glodokan dan mahoni yang diuji menggunakan metode AAS (Atomic Absorption Spectrophotometery) di Laboratorium Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang. Variabel pendukungnya adalah faktor lingkungan, yaitu intensitas cahaya, arah angin, kelembaban, suhu dan kecepatan angin di lokasi pengambilan sampel. Hasil penelitian ditemukan kandungan Pb dalam daun tanaman peneduh di jalan protokol Kota Semarang. Kandungan Pb dalam daun tertinggi terdapat pada tanaman angsana di Jl. Kaligawe sebesar 0,05 ppm/g daun basah, sedangkan kandungan terendah terdapat pada tanaman glodokan di Jl. Setyabudi dan mahoni di Jl. Pemuda sebesar 0,01 ppm/g daun basah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kandungan Pb dalam daun tanaman peneduh di jalan protokol Kota Semarang berkisar 0,01-0,05 ppm/g daun basah dan tergolong rendah dibawah kadar normal Pb dalam tanaman yaitu 0,5-3,0 ppm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jalan protocol, tanaman peneduh, timbal (Pb)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 00:20
Last Modified: 06 Jul 2012 00:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item View Item