Pengaruh Berbagai Jenis Umpan Semut Terhadap Kesintasan Undur-undur


Pradyna WA Niata, 4450404033 (2011) Pengaruh Berbagai Jenis Umpan Semut Terhadap Kesintasan Undur-undur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Berbagai Jenis Umpan Semut Terhadap Kesintasan Undur-undur] Microsoft Word (Pengaruh Berbagai Jenis Umpan Semut Terhadap Kesintasan Undur-undur) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Undur-undur merupakan serangga famili Myrmeleontidae ordo Neuroptera. Pada saat ini banyak dicari oleh manusia karena mengandung zat anti diabetes, yaitu sulfonylurea yang berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah dengan menstimulasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Makanan undur-undur pada umumnya adalah semut yang terjebak ke dalam lubang rumah undur-undur. Jika tidak ada semut yang terjebak, maka undur-undur tidak akan memperoleh makanan yang dikhawatirkan menurunkan kesintasan undur-undur. Oleh karena itu, dalam rangka upaya budidaya, perlu dicari umpan yang dapat mengundang semut agar peluang semut yang terjebak sebagai makanan undur-undur lebih besar, sehingga peluang sintas juga lebih besar. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah menyiapkan 3 jenis bahan makanan yang dapat mengundang semut yaitu berupa air gula, sirup dan kulit udang. Tempatkan ketiga bahan makanan tersebut dalam tutup botol air mineral. Undur-undur ditimbang dan diukur panjang tubuhnya kemudian dimasukkan ke dalam bak pasir. Tutup botol berisi bahan makanan kemudian diletakkan secara acak didalam bak pasir yang berisi undur-undur. Tiap bak plastik berisi 10 undur-undur dan dilakukan 3 kali pengulangan. Kesintasan hidup undur-undur diamati selama 3 bulan. Data kesintasan hidup undur-undur dianalisis dengan menggunakan Anava Dua jalur serta berat dan panjang undur-undur dianalisis dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesintasan undur-undur terjadi pada semua perlakuan yakni pada umpan semut yang berupa air gula, sirup dan kulit udang, hal ini ditunjukkan dengan jumlah undur-undur yang hidup hingga akhir penelitian sebanyak 93 – 97%, pada kelompok tanpa perlakuan (alami) kesintasannya hanya 80%. Umpan semut kulit udang mendatangkan 2 jenis semut sedangkan umpan semut air gula dan sirup hanya mendatangkan masing-masing satu jenis semut. Semut tersebut menjadi makanan undur-undur dan meningkatkan kesintasan dan pertumbuhan undur-undur. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian umpan semut sebagai makanan undur-undur dapat meningkatkan kesintasan undur-undur. Pemberian umpan bahan makanan sirup dan kulit udang menyebabkan undur-undur menjadi sintas, dikarenakan jumlah undur-undur yang hidup hingga akhir penelitian lebih dari 90%, bobot dan dan panjang tubuh undur-undur juga bertambah. Umpan semut berupa air gula, sirup atau kulit udang dapat digunakan dalam upaya budidaya atau pemeliharaan undur-undur agar dapat terjaga kesintasannya. Selama budidaya atau pemeliharaan undur-undur, pemberian umpan semut berupa air gula, sirup atau kulit udang dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesintasannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: undur-undur, kesintasan, umpan semut
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 00:15
Last Modified: 06 Jul 2012 00:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item