Strategi Politik dan Kemenangan Golkar di Semarang Pada Pemilu Tahun 1971


Nia Endra Puspita, 3150407005 (2011) Strategi Politik dan Kemenangan Golkar di Semarang Pada Pemilu Tahun 1971. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Politik dan Kemenangan Golkar di Semarang Pada Pemilu Tahun 1971] Microsoft Word (Strategi Politik dan Kemenangan Golkar di Semarang Pada Pemilu Tahun 1971) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Sekber Golkar bukanlah partai politik pada saat mengikuti Pemilu 1971, namun hal ini tidak menjadi kendala dalam memenangkan jumlah suara. Kemenangan Sekber Golkar ini memiliki komponen yang penting, yaitu masyarakat Semarang yang cenderung memilih NU dan PNI. Di balik kemenangan Sekber Golkar ini, Sekber Golkar melancarkan strategi politiknya dengan menggunakan jalur ABG (ABRI, Birokrasi, Golkar). Permasalahan dari penellitian ini adalah (1) bagaimana latar perkembangan Golkar di Semarang dari tahun 1964-1971? (2) bagaimana Golkar menjadi pemenang dalam pemilu 1971 di Semarang? (3) bagaimana strategi Golkar dalam menghadapi Pemilu 1971 di Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perkembangan Golkar di Semarang dari tahun 1964-1971 (2) mengetahui Golkar menjadi pemenang dalam pemilu 1971 (3) mengetahui strategi politik Golkar dalam menghadapi pemilu. Metode sejarah merupakan metode yang dipakai dalam penelitian ini. Penggunaan metode sejarah berfungsi sebagai kerangka dalam menyusun skripsi agar terstruktur dan kredibel. Langkah dalam metode sejarah meliputi empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) berdirinya Golkar dilatar belakangi oleh konflik politik yang disebabkan oleh gangguan organisasi terlarang dan kerusuhan-kerusuhan yang terjadi di Semarang. Solusi untuk konflik ini, oleh pihak militer membentuk suatu wadah untuk golongan yang tidak berafiliasi pada politik tertentu dengan nama Sekber Golkar pada tahun 1964. Pada pemilu 1971, untuk pertama kalinya Sekber Golkar menjadi salah satu kandidat dalam pemilu (2) Pertama kalinya pada pemilu 1971, Sekber Golkar mampu mengumpulkan simpatisan dari masyarakat Kota Semarang. Hal ini dibuktikan dengan kemenangan jumlah suara yang telah diperoleh Sekber Golkar dalam pemilu 1971 di Semarang (3) strategi politik yang digunakan oleh Golkar untuk menghimpun dukungan suara melalui Jalur ABG. Selain itu, tema kampanye yang ditawarkan memberi suasana baru dalam dunia politik. Kehadiran Sekber Golkar dengan inovasinya berbeda dari partai-partai politik lain yang hanya menawarkan ideologi politiknya saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Politik, Golkar, Pemilu, Semarang
Subjects: J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 00:12
Last Modified: 06 Jul 2012 00:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item