Distribusi dan Keanekaragaman Makrozoobentos di Sungai Damar Desa Weleri Kabupaten Kendal


Suci Iswanti, , 4450407015 (2012) Distribusi dan Keanekaragaman Makrozoobentos di Sungai Damar Desa Weleri Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Distribusi dan Keanekaragaman Makrozoobentos di Sungai Damar Desa Weleri Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Distribusi dan Keanekaragaman Makrozoobentos di Sungai Damar Desa Weleri Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Sungai Damar merupakan sungai yang terletak didesa Weleri, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Limbah yang berasal dari kegiatan penduduk di aliran Sungai Damar, seperti kegiatan industri rumah tangga dan kegiatan pertanian dapat berpengaruh terhadap kualitas airnya. Distribusi dan keanekaragaman jenis makrozoobentos dapat digunakan sebagai parameter biologi dalam menentukan kondisi suatu perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi dan keanekaragaman jenis makrozoobentos di Sungai Damar Desa Weleri Kabupaten Kendal. Penelitian ini dilaksanakan di perairan sungai Damar Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal pada bulan Juli 2011. Rancangan penelitian yang digunakan adalah purpossive sampling, yaitu berdasarkan pertimbangan terwakilinya gambaran keadaan perairan sungai, terutama berkaitan dengan kegiatan pembuangan limbah ke dalam sungai. Pengambilan sampel tiap stasiun diambil 9 titik pada substrat dasar perairan yang berbeda. Waktu pengambilan 3x dengan selang waktu 2 (dua) minggu. Metode analisis data yang digunakan ada 4, yaitu Distribusi longitudinal, Indeks keanekaragaman, Kemerataan jenis, dan Indeks dominansi. Hasil penelitian ditemukan 27 jenis makrozoobentos. Jenis makrozoobentos yang terdistribusi di sepanjang Sungai Damar yaitu Littorina carinifera, Melanoides torulosa, Melanoides tuberculata, Melanoides granifera, dan Pilla ampullacea. Nilai Indeks Keanekaragaman pada semua stasiun pengamatan tergolong sedang (2,77), namun pada masing-masing stasiun pengamatan tergolong rendah karena < 1 (stasiun I 0,54; stasiun II 0,69; stasiun III 0,64 dan stasiun IV 0,90) hal ini dipengaruhi oleh adanya limbah yang masuk ke sungai dan faktor lingkungan dalam perairan, terutama substrat dasar perairan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa spesies makrozoobentos yang terdistribusi di sepanjang Sungai Damar sebanyak 5 spesies. Keanekaragaman jenis makrozoobentos tergolong sedang, hal ini menunjukkan terjadi pencemaran pada perairan Sungai Damar yang termasuk kelompok tercemar ringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Distribusi dan keanekaragaman, Sungai Damar, Makrozoobentos
Subjects: Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 15:18
Last Modified: 05 Jul 2012 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item View Item