Pengaruh Pengasinan Terhadap Kandungan Gizi Telur Bebek yang diberi Pakan Limbah Udang


Herlina.Oktaviani, , 4450407012 (2012) Pengaruh Pengasinan Terhadap Kandungan Gizi Telur Bebek yang diberi Pakan Limbah Udang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pengasinan Terhadap Kandungan Gizi Telur Bebek yang diberi Pakan Limbah Udang] Microsoft Word (Pengaruh Pengasinan Terhadap Kandungan Gizi Telur Bebek yang diberi Pakan Limbah Udang) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Telur merupakan bahan pangan hasil ternak unggas yang bernilai gizi tinggi. Kandungan gizi telur bebek sangat dipengaruhi oleh pakan yang dikonsumsi oleh bebek tersebut. Kandungan gizi yang terkandung didalam telur yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, serta beberapa vitamin dan mineral. Usaha pemanfaatan limbah (hasil sisa) menjadi bahan pakan ternak merupakan prioritas yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan produksi peternakan dan perikanan. Pengasinan merupakan salah satu proses pengawetan telur untuk memperpanjang masa simpan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengasinan terhadap kandungan zat gizi telur bebek yang diberi pakan limbah udang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 kelompok perlakuan yaitu, perlakuan 1 (telur bebek mentah tanpa limbah udang), perlakuan 2 (telur bebek rebus tanpa limbah udang), perlakuan 3 (telur bebek mentah dengan diberi pakan limbah udang) dan perlakuan 4 (telur bebek rebus dengan diberi pakan limbah udang), perlakuan 5 (telur bebek mentah asin dengan diberi pakan limbah udang), dan perlakuan 6 (telur bebek rebus asin dengan diberi pakan limbah udang). Variabel yang diteliti adalah kandungan zat gizi (kadar air, kadar abu, lemak, protein, dan karbohidrat). Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik Multvariat Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikansi 95 % (p = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasinan mampu menurunkan kadar air dengan proses pemanasan pada saat perebusan, meningkatkan kadar abu, meningkatan lemak, meningkatkan protein, dan menurunkan karbohidrat. Berdasarkan hasil uji analisis statistik (BNT 5%) pengasinan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan zat gizi telur bebek yang meliputi kadar air, kadar abu, lemak, protein, dan karbohidrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan bahwa, proses penambahan pakan limbah udang dan pengasinan berpengaruh terhadap penurunan kadar air pada telur bebek mentah, peningkatan kadar abu pada telur bebek rebus asin, peningkatan lemak pada telur bebek rebus, peningkatan protein pada telur bebek mentah asin dan penurunan karbohidrat pada telur bebek rebus asin..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengasinan, Limbah udang, Kandungan zat gizi telur bebek.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 15:16
Last Modified: 05 Jul 2012 15:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item