Efikasi Ekstrak Daun Lengkuas Terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Anopheles aconitus.


Syarifah Naila.Husna, , 4450407008 (2011) Efikasi Ekstrak Daun Lengkuas Terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Anopheles aconitus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Efikasi Ekstrak Daun Lengkuas Terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Anopheles aconitus. ] Microsoft Word (. Efikasi Ekstrak Daun Lengkuas Terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Anopheles aconitus. ) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Penyakit malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Pengendalian larva dengan insektisida biasanya menggunakan larvasida berbahan aktif temephos. Pemakaian bahan kimia secara akumulatif berdampak negatif terhadap manusia dan lingkungan, diperlukan suatu usaha mendapatkan insektisida alternatif yang aman. Berdasarkan pertimbangan tersebut, para ahli menggunakan insektisida nabati. Salah satu tumbuhan yang berpotensi adalah yaitu daun lengkuas (Alpinia galanga SW.). Daun lengkuas memiliki bahan aktif berupa tanin, saponin, alkaloid, terpenoid dan flavanoid yang dapat digunakan untuk mengendalikan serangga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun lengkuas terhadap mortalitas larva nyamuk, mengetahui efikasi (LC50-24 jam dan LC90-24 jam) ekstrak daun lengkuas terhadap mortalitas larva nyamuk dan mengetahui perbedaan mortalitas larva nyamuk A. aconitus pada berbagai tingkat konsentrasi ekstrak daun lengkuas. Rentangan konsentrasi ekstrak daun lengkuas yang digunakan adalah antara 3,9-5,2%. Jadi untuk uji sebenarnya dibuat 7 konsentrasi yaitu 4%; 4,2%; 4,4%; 4,6%; 4,8%; 5% dan 5,2% dengan 3 kali ulangan. Metode analisis data yang digunakan ada 3, yaitu Uji ANAVA Satu Arah dengan taraf kepercayaan 95%, Analisis Regresi dan Analisis Probit. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun lengkuas berpengaruh terhadap mortalitas larva nyamuk A. aconitus dengan persamaan garis regresi linear yaitu y= 13,57x-11,07. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis probit diperoleh nilai LC50-24 jam dan LC90-24 jam ekstrak daun lengkuas adalah sebesar 4,4% dan 5,1%. Dalam pengujian ANAVA satu arah didapatkan hasil bahwa rata-rata antar kelompok data konsentrasi ekstrak daun lengkuas yang satu dengan yang lain tidak saling identik atau berbeda secara bermakna. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun lengkuas berpengaruh terhadap mortalitas larva nyamuk A. aconitus. Konsentrasi ekstrak daun lengkuas yang mujarab/manjur untuk mematikan 50% dan 90% populasi larva nyamuk A. aconitus adalah sebesar 4,4% dan 5,1%. Ada perbedaan yang bermakna antara mortalitas larva nyamuk A. aconitus dengan ekstrak daun lengkuas pada berbagai tingkat konsentrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi, ekstrak daun lengkuas, mortalitas, Anopheles aconitus
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:25
Last Modified: 05 Jul 2012 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item