Efektivitas Penerapan Strategi Bermain pada Materi Virus terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA YPE Semarang


Mursidah. , 4401906004 (2011) Efektivitas Penerapan Strategi Bermain pada Materi Virus terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA YPE Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Strategi Bermain pada Materi Virus terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA YPE Semarang] Microsoft Word (Efektivitas Penerapan Strategi Bermain pada Materi Virus terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA YPE Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman selama mengajar di SMA YPE Semarang, guru sudah berusaha menerapkan metode pembelajaran untuk meningkatkan peran siswa. Akan tetapi, siswa masih kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar siswa juga rendah yaitu >50% siswa remidi setiap kali ulangan harian. Pembelajaran virus dirasa tepat menggunakan strategi bermain. Dalam hal ini, permainan yang dipilih adalah teka-teki silang (TTS), kartu (cards) dan puzzle, serta simulasi. Penerapan strategi bermain ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar pada materi virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi bermain pada materi Virus terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA YPE Semarang. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA YPE Semarang tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah kelas X.1 dan kelas X.2. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment menggunakan metode One Shoot-Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan I, sebanyak 95,83% siswa kelas X.1 dan 100% siswa kelas X.2 telah memenuhi kriteria minimal baik. Sedangkan pada pertemuan kedua, sebanyak 79,17% siswa kelas X.1 dan 70,83% siswa kelas X.2 termasuk dalam kriteria baik. Ketuntasan belajar klasikal siswa kelas X.1 adalah 95,83% dan siswa kelas X.2 adalah 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi bermain efektif diterapkan pada pembelajaran Virus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi bermain, materi Virus, aktivitas siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:12
Last Modified: 05 Jul 2012 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item