Analisis Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Biologi Semester Gasal Kelas X Sekabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011


Emy Dyah Nur.Fitriyana, , 4401407055 (2011) Analisis Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Biologi Semester Gasal Kelas X Sekabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Biologi  Semester Gasal  Kelas X Sekabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Analisis Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Biologi Semester Gasal Kelas X Sekabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi hendaknya dapat mengembangkan potensi siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dalam proses perolehan konsep Biologi secara ilmiah. Pengalaman belajar dapat diperoleh siswa melalui serangkaian kegiatan dengan mengeksplorasi lingkungan, interaksi aktif dengan teman, lingkungan dan sumber belajar lain misalnya Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti bahwa SMA di kabupaten Pati hampir semua siswanya mempunyai LKS. Frekuensi penggunaan LKS dalam pembelajaran dalam kelas dan kegiatan praktikum cukup tinggi. Analisis dilakukan untuk mengetahui kualitas LKS yang digunakan. Analisis LKS meliputi penilaian kesesuaian dengan indeks pengaktifan, Guided Discovery-Inquiry Laboratory Lesson, petunjuk praktikum dan kriteria LKS yang baik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2011. LKS yang dianalisis adalah LKS karya MGMP, LKS Eksis dan LKS Mitra. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian dengan indeks pengaktifan pada LKS MGMP dan LKS Eksis adalah memiliki petunjuk kegiatan, gambar dan soal-soal latihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip pengaktifan baik sedangkan pada LKS Mitra adalah memiliki petunjuk kegiatan, gambar dan soal-soal latihan yang bersifat otoriter dan sedikit sekali tantangan. Tingkat kesesuaian dengan Guided Discovery-Inquiry Laboratory Lesson pada LKS karya MGMP dan LKS Eksis termasuk dalam kriteria baik, sedangkan pada LKS Mitra adalah cukup baik. Tingkat kesesuaian dengan petunjuk praktikum pada LKS karya MGMP , LKS Eksis dan LKS Mitra termasuk kriteria baik. Tingkat kesesuaian dengan kriteria LKS yang baik pada LKS karya MGMP, LKS Eksis dan LKS Mitra termasuk dalam kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah LKS MGMP, LKS Eksis dan LKS Mitra memiliki kualitas sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis LKS, indeks pengaktifan, Guided Discovery-Inquiry Laboratory Lesson, petunjuk praktikum, kriteria LKS yang baik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:00
Last Modified: 05 Jul 2012 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item