Internalisasi Nilai-Nilai Perjuangan Kemerdekaan Di Banjarnegara Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Di SMA Negeri I Batur Kelas XII IPS Tahun Pelajaran 201I/2012

Afandi Kurniawan, 3101407053 (2011) Internalisasi Nilai-Nilai Perjuangan Kemerdekaan Di Banjarnegara Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Di SMA Negeri I Batur Kelas XII IPS Tahun Pelajaran 201I/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan merupakan suatu usaha yang dilakukan seluruh rakyat Indonesia tidak Terkecuali rakyat Banjarnegara yang diperoleh dengan penuh hambatan dan secara bertahap. Semangat untuk bersatu dalam sebuah wadah patriotisme merupakan satu langkah konkrit masyarakat Indonesia untuk mewujudkan satu tujuan mulia yaitu kemerdekaan. Nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah perjuangan kemerdekaan di Banjarnegara yang sekiranya masih dipandang sebelah mata oleh para generasi muda yang dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri I Batur. Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi juga berdampak kurangnya hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri I Batur. Permasalahan dalam penelitian ini, adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar serta pemahaman tentang nilai –nilai sejarah perjuangan kemerdekaan di Banjarnegara siswa kelas XII IPS SMA Negeri I Batur. Tujuan dalam penelitian ini, adalah untuk mengetahui hasil belajar serta pemahaman siswa kelas XII IPS SMA Negeri I Batur terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan kemerdekaan di Banjarnegara melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sumber kajian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri I Batur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) dokumentasi, (2) tes (pree tes dan pos tes). Metode tes ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu tes awal sebelum adanya perlakuan baik kelas eksperimen maupun kontrol (pree tes) sedangkan tahapan yang terakhir yaitu pos tes yang dilakukan setelah adanya perlakuan dari masing-masing kelas (eksperimen dan kontrol). Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif eksperimen. Ketuntasan hasil belajar siswa SMA Negeri I Batur kelas XII IPS dalam pelajaran sejarah hanya mencapai 60% dari nilai kriteria ketuntasan minimal yakni 7,00 dengan target ketuntasan 80%. Sebelum adanya perlakuan dari masing-masing kelas eksperimen dengan menggunakan soal pree tes diperoleh rata-rata hasil belajar 71,39. Kemudian meningkat setelah adanya perlakuan dengan menggunakan pos tes nilai rata-rata diperoleh 83,89 untuk kelas eksperimen. Kelas kontrol sebelum adanya perlekuan diperoleh nilai-rata-rata 69,44 setelah adanya perlakuan meningkat dengan nilai rata-rata 76,11. Adanya peningkatan hasil belajar maka secara langsung pemahaman siswa tentang nilai-nilai sejarah perjuangan kemerdekaan di Banjarnegara juga meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:57
Last Modified: 05 Jul 2012 02:57

Actions (login required)

View Item