Pengaruh Media Animasi dengan Metode Pembelajaran Time Token terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Sluke Rembang.


Sekar Dwi Ardianti, , 4401407035 (2011) Pengaruh Media Animasi dengan Metode Pembelajaran Time Token terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Sluke Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Media Animasi dengan Metode Pembelajaran Time Token terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Sluke Rembang. ] Microsoft Word (Pengaruh Media Animasi dengan Metode Pembelajaran Time Token terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Sluke Rembang. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Hasil observasi awal di SMP N 1 Sluke tahun ajaran 2010/2011 menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas VII hanya sebesar 51,22 yang lebih rendah dari KKM sekolah. Hal ini diduga karena pemanfaatan media pembelajaran masih kurang maksimal meskipun sudah tersedia ruang multimedia dan metode pembelajaran yang digunakan belum melibatkan siswa secara optimal. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji pengaruh media, metode dan interaksinya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Randomized Factorial Design 2x2 yang dilaksanakan pada 4 kelas VII di SMPN 1 Sluke yang diambil dengan teknik random sampling karena populasi homogen. Kelas perlakuan I diberikan pembelajaran dengan media charta dan metode diskusi, perlakuan II dengan media charta dan metode Time Token, perlakuan III dengan media animasi dan metode diskusi serta perlakuan IV dengan media animasi dan metode Time Token. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis media dan metode serta variable terikatnya adalah hasil belajar siswa. Data yang diamati adalah hasil belajar, aktivitas, dan kinerja guru. Data dianalisis dengan uji ANAVA dan uji lanjut BNT. Rata-rata hasil belajar yang dicapai kelas perlakuan I, II, III, dan IV masing-masing 60,4; 68,2;68,9 dan 70,7. Hasil uji ANAVA menunjukkan media, metode dan interaksinya berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa dan uji lanjut BNT menunjukkan bahwa media animasi berpengaruh lebih baik daripada charta, metode Time Token berpengaruh lebih baik daripada diskusi, dan interaksi pada perlakuan II, III, dan IV memberikan pengaruh yang sama terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi organisasi kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan media animasi dengan metode Time Token atau diskusi serta penggunaan media charta dengan metode Time Token pada materi organisasi kehidupan memberikan pengaruh yang sama terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP N 1 Sluke Rembang. Pembelajaran dengan media animasi dan metode Time Token berpengaruh paling baik dan dapat diterapkan dalam menyampaikan materi lainnya namun perlu suatu perencanaan yang lebih matang dan pengelolaan waktu pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media animasi, metode pembelajaran Time Token, materi organisasi kehidupan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:50
Last Modified: 05 Jul 2012 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13058

Actions (login required)

View Item View Item