Pemanfaatan Kliping Berita Koran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2011-2012

Rapang Bangkit Anggayana, 3101407023 (2011) Pemanfaatan Kliping Berita Koran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran sejarah yang kurang memperhatikan pemanfaatan media yang cenderung monoton membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Perlu adanya pembelajaran yang memberikan bukti-bukti nyata. Untuk itu diperlukan media guna mempermudah dan memberikan informasi yang baik. Kliping sejarah merupakan salah satu media yang dapat memberikan gambaran atau bukti sejarah dimasa lampau. Pemanfaatan Kliping Sejarah merupakan alat bantu bagi guru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas belajar mengajar serta meningkatkan motivasi untuk lebih memahami pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pemanfaatan kliping sejarah sebagai sumber sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bawang kab. Banjarnegara tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui apakah pemanfaatan kliping sebagai sumber sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas XI SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan model eksperimen yaitu dengan menggunakan dua kelas. Dua kelas tersebut yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan pemanfaatan Kliping Sejarah pada pelajaran sejarah dapat membantu dalam meningkatkan minat belajar yaitu pada kelas eksperimen terjadi peningkatan minat siswa dengan perbandingan kelas eksperimen 80% dan kelas kontrol 55%. Terjadi pembandingan minat kelas kontrol eksperimaen lebih besar dengan thitung (2.42) dari pada ttabel (1.99) sehingga hipotesis diterima bahwa kliping berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Guru hendaknya memberikan materi pembelajaran yang kreatif, terstruktur dan lebih peka terhadap perkembangan peserta didik yang berdampak pada perkembangan minat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Kliping Berita Koran, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:39
Last Modified: 05 Jul 2012 02:39

Actions (login required)

View Item