Pengembangan Bahan Ajar Sistem Pernapasan Manusia Berbentuk Komik di SMP Negeri 1 Jekulo


Fitriana.Wulandari, , 4401406557 (2011) Pengembangan Bahan Ajar Sistem Pernapasan Manusia Berbentuk Komik di SMP Negeri 1 Jekulo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Pengembangan Bahan Ajar Sistem Pernapasan Manusia Berbentuk Komik di SMP Negeri 1 Jekulo] Microsoft Word (. Pengembangan Bahan Ajar Sistem Pernapasan Manusia Berbentuk Komik di SMP Negeri 1 Jekulo) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penyajian bahan ajar yang tepat oleh guru akan membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan buku teks IPA edisi Buku Sekolah Elektronik (BSE) belum mampu menggugah minat siswa untuk belajar. Materi sistem pernapasan manusia dalam buku teks tersebut menyajikan uraian materi, kegiatan praktikum dan evaluasi yang kurang bervariasi, sehinga siswa SMP kurang tertarik untuk membacanya. Buku teks menyajikan materi melalui pemaparan dalam kalimat dengan sedikit ilustrasi gambar. Padahal siswa pada rentang usia SMP cenderung menyukai buku bacaan bergambar seperti komik. Banyak siswa yang sudah mengenal komik karena sifatnya yang menghibur. Komik juga merupakan bacaan yang ringan dan mudah dipahami karena penggunaan bahasa yang sederhana. Rangkaian gambar kartun, narasi, dan dialog antar tokoh dapat dirancang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan maupun tujuan yang hendak dicapai. Observasi awal di SMP N 1 Jekulo menunjukkan sebanyak 87% siswa kelas VIII memberi tanggapan positif terhadap komik dan setuju bila komik dihadirkan sebagai sumber belajar siswa. Bahan ajar sistem pernapasan manusia yang disusun dalam bentuk komik tidak dapat langsung digunakan, namun perlu diuji keefektifannya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan dua kali tahap uji coba, yaitu uji coba komik tahap I dan tahap II. Uji coba komik tahap I dilaksanakan pada pembelajaran kelas VIIIC dan uji coba komik tahap II dilaksanakan pada pembelajaran kelas VIIID serta VIIIG. Variabel yang diteliti yaitu kelayakan komik pada sistem pernapasan manusia sebagai bahan ajar yang divalidasi, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian bahan ajar oleh validator sebesar 96,09% dengan kriteria layak. Aktivitas, hasil belajar, dan tanggapan siswa pada uji coba penggunaan komik tahap I adalah 83,56% aktif, 93,75% tuntas, dan 92,01% siswa menanggapi baik. Guru juga memberikan tanggapan yang positif terhadap bahan ajar secara keseluruhan. Hasil uji coba penggunaan komik tahap II menunjukkan 87,1% aktif, 100% tuntas, dan 98,01% siswa menanggapi baik komik yang telah digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sistem pernapasan manusia berbentuk komik efektif digunakan dalam pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP N 1 Jekulo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, Sistem pernapasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 06:34
Last Modified: 05 Jul 2012 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

View Item View Item