Kesiapan Perangkat Pembelajaran Guru IPS, Sarana Dan Pengembangan Kurikulum Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional menuju Sekolah Bertaraf Internasional Di SMP Kabupaten Jepara

Ratna Fanindria, 3101407012 (2012) Kesiapan Perangkat Pembelajaran Guru IPS, Sarana Dan Pengembangan Kurikulum Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional menuju Sekolah Bertaraf Internasional Di SMP Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Fenomena RSBI saat ini memberikan dampak pada proses pembelajaran. Untuk pelajaran sains dan TIK menggunakan Bahasa Inggris dan pembelajaran berbasis TI, sedangkan IPS sendiri tidak diwajibkan dan hanya disesuaikan dengan kemampuan guru. Berdasarkan pengamatan peneliti, Perubahan sekolah menuju RSBI di kabupaten Jepara memberikan dampak pada upaya masing-masing sekolah untuk melakukan perubahan paradigma dalam pembelajaran menuju masyarakat berbasis pengetahuan yang menempatkan TIK sebagai pendukung utama. Sesuai dengan permendiknas no 78 tahun 2009, pembelajaran IPS di SMP RSBI disesuaikan dengan kemampuan guru. Akan tetapi, hal tersebut yang membuat sebagian dari guru IPS bersikap pasif terhadap pembelajaran berbasis TIK. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kesiapan perangkat pembelajaran guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Kabupaten Jepara?, 2. Bagaimana kondisi sarana SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Kabupaten Jepara?, 3. Bagaimana pengembangan kurikulum IPS di SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Kabupaten Jepara? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian di SMPN 2 Jepara dan SMPN 1 Pecangaan. Informan adalah guru IPS dan wakil kepala sekolah dari kedua sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kesiapan perangkat pembelajaran IPS SMP RSBI Jepara dapat dikatakan cukup baik, guru IPS tidak mengalami kesulitan membuat perangkat pembelajaran karena telah mendapat acuan dari badan standar nasional pendidikan yang kemudian dikembangkan sesuai dengan karakteristik sekolah, 2. Kondisi sarana di SMP RSBI dikatakan cukup baik karena sudah sesuai dengan standar RSBI, 3. Pengembangan kurikulum untuk sekolah-sekolah RSBI hanya pada mata pelajaran sains sedangkan IPS kurikulumnya sama dengan sekolah reguler lain. Hendaknya guru IPS memaksimalkan penggunaan sarana yang ada disekolah untuk menunjang proses pembelajaran dan guru IPS mempraktikkan metode, media dan penilaian sesuai dengan silabus dan RPP. Pihak sekolah hendaknya memberikan pelatihan/ mengikutsertakan pelatihan kepada guru-guru IPS untuk meningkatkan profesionalitas guru IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran IPS, Sarana, Kurikulum, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:05
Last Modified: 05 Jul 2012 02:05

Actions (login required)

View Item