Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran IPS Materi Sejarah Berbasis Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011

Citra Adestya Perdana, 3101406005 (2011) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran IPS Materi Sejarah Berbasis Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Makin baik model yang dipakai, makin efektif pula pencapaian tujuan. Hasil belajar merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam proses belajar mengajar. Selain itu, proses belajar merupakan salah satu indikator dari mutu pengajaran yang pada akhirnya mencerminkan mutu pendidikan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan tujuan pembelajaran adalah model portofolio. Portofolio merupakan karya terpilih dari seorang siswa, tetapi dalam pembelajaran ini setiap portofolio berisi karya terpilih dari satu kelas siswa secara keseluruhan yang bekerja secara kooperatif memilih, membahas, mencari data, mengolah, menganalisa dan mencari pemecahan terhadap suatu masalah yang dikaji. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh implementasi model pembelajaran IPS Materi Sejarah berbasis portofolio terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS Sejarah berbasis Portofolio terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Semua data atau informasi analisisnya menggunakan statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknis sensus, dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Berdasarkan teknik tersebut maka ditetapkan jumlah sampel sebanyak 48 siswa kelas X yang terdiri dari siswa kelas X Akuntansi sebanyak 18 siswa, kelas X Animasi sebanyak 15 siswa, dan kelas X Pemasaran sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi product moment untuk variabel model pembelajaran IPS Materi Sejarah Berbasis Portofolio sebesar 0,983. Koefisien korelasi jika dikonsultasikan pada tabel r dengan N = 48 pada taraf signifikasi 1% = 0,368 dan taraf signifikasi 5% sebesar 0,284 maka dapat dikatakan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran IPS Materi Sejarah berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Semarang dapat diterima. Nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,983. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu model pembelajaran IPS Materi Sejarah berbasis Portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Semarang yang dapat diterangkan oleh model persamaan ini sebesar 98,30% sedangkan sisanya sebesar 3,40% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian seperti kompetensi guru, professional guru dan lain-lainnya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Materi Sejarah menggunakan model portofolio lebih efektif dibandingkan dengan model-model pembelajaran lainnya, untuk itu disarankan agar guru IPS Materi Sejarah dapat memberikan model pembelajaran yang inovatif, seperti dengan model pembelajaran portofolio yang lebih menarik daripada dengan menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Prestasi Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:59
Last Modified: 05 Jul 2012 01:59

Actions (login required)

View Item