Efektivitas Penerapan Investigasi Kelompok dan Metode Make A Match pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan Pendekatan JAS di SMP N Semarang.


Iis Susanti, , 4401405584 (2011) Efektivitas Penerapan Investigasi Kelompok dan Metode Make A Match pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan Pendekatan JAS di SMP N Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Investigasi Kelompok dan Metode Make A Match pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan Pendekatan JAS di SMP N Semarang.] Microsoft Word (Efektivitas Penerapan Investigasi Kelompok dan Metode Make A Match pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan Pendekatan JAS di SMP N Semarang.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP 10 Semarang yang dilakukan dengan wawancara dan mengamati dokumen kepada guru pengampu pelajaran IPA Biologi, didapatkan informasi bahwa hasil ulangan harian pada materi sistem pernapasan manusia tahun pelajaran 2007/2008 diperoleh ketuntasan klasikal hanya 50% dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 66. Penelitian bertujuan mengetahui pendekatan JAS dengan model investigasi kelompok dan metode make a match diterapkan pada pembelajaran materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 10 Semarang dengan jumlah enam kelas. Sampel dua kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran dengan penerapan pendekatan JAS dengan model investigasi kelompok dan metode make a match pada materi sistem pernapasan manusia, sedangkan variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif persentase, temuan yang berupa angka-angka dianalisis dengan diberi makna berdasarkan catatan lapangan sehingga dapat digunakan untuk merumuskan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa kelas VIII B yang memiliki kriteria aktivitas tinggi dan sangat tinggi adalah 94,9%, ketuntasan klasikal siswa sebesar 79,4%. Sedangkan untuk kelas VIII A jumlah siswa yang aktivitasnya tinggi dan sangat tinggi mencapai 80%, ketuntasan klasikalnya sebesar 70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan JAS dengan model investigasi kelompok dan metode make a match efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan JAS, Model investigasi kelompok, Metode make a match, Sistem pernapasan manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:19
Last Modified: 05 Jul 2012 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item