Sintesis Glukosa Laurat Melalui Reaksi Esterifikasi dengan Enzim Lipase.


Indrawan Adhy.Pramono,, 4350407068 (2011) Sintesis Glukosa Laurat Melalui Reaksi Esterifikasi dengan Enzim Lipase. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis Glukosa Laurat Melalui Reaksi Esterifikasi dengan Enzim Lipase.] Microsoft Word (Sintesis Glukosa Laurat Melalui Reaksi Esterifikasi dengan Enzim Lipase.) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Pada dua dekade terakhir, laju produksi minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil / CPO) di pasar dunia terus mengalami peningkatan. Salah satu produk olahan CPO yang memiliki prospek tinggi adalah surfaktan. Surfaktan adalah suatu emulsifier yang banyak dimanfaatkan untuk proses industri farmasi, kosmetik dan pangan. Untuk dapat bersifat sebagai surfaktan, trigliserida yang terdapat pada CPO diubah menjadi senyawa ester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kondisi operasi terbaik dalam sintesis glukosa laurat melalui reaksi esterifikasi dengan katalis lipase. Reaksi dilakukan di dalam labu leher tiga selama 18 jam dengan variasi pH reaksi 5, 5,5 dan 6 serta variasi suhu reaksi 40oC, 50oC dan 60oC. Produk dianalisis secara kualitatif menggunakan KLT dan IR serta dianalisis secara kuantitatif dengan spektrofotometer visibel dan GC. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kondisi operasi terbaik pada pH reaksi 6 dengan suhu reaksi 50oC. Dari hasil analisis menggunakan GC diperoleh produk ester glukosa laurat berdasarkan kondisi operasi terbaik sebesar 3,5 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: esterifikasi, glukosa laurat, lipase, surfaktan
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:08
Last Modified: 05 Jul 2012 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item