Pengaruh Active Learning Competition dengan Model ARIAS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA Negeri 5 Semarang


Harliati Putri Pertiwi, , 4301407055 (2011) Pengaruh Active Learning Competition dengan Model ARIAS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA Negeri 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Active Learning Competition dengan Model ARIAS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA Negeri 5 Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Active Learning Competition dengan Model ARIAS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA Negeri 5 Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Siswa SMA diharapkan memperoleh aspek pemahaman konsep, penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran kimia. Pada kenyataannya masih dijumpai beberapa kesulitan yang menyebabkan siswa masih sukar dalam memahami dan mendalami materi kimia. Pembelajaran kimia yang monoton sering kali membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Hal ini membuat siswa sulit memahami materi sehingga nilai yang diperoleh menjadi kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan ini, maka perlu adanya alternatif model dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan membantu siswa dalam memahami materi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran menggunakan active learning competition dengan model ARIAS terhadap motivasi dan hasil belajar materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 5 Semarang dan apabila ada pengaruh, seberapa besar pengaruh yang diberikan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas enam kelas, dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran dengan active learning competition dengan model ARIAS pada kelas experimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen 23,24 dan kelas kontrol 24,80. Pengujian terhadap nilai pre test menunjukkan kemampuan awal siswa relatif sama. Rata-rata nilai post test kelas eksperimen 82,70 dan kelas kontrol 78,49. Rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen 73,06 dan kelas kontrol 68,95. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Pada uji t satu pihak kanan terhadap data hasil belajar dihasilkan thitung (3,747) > ttabel (1,667) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Pada data nilai motivasi, uji t satu pihak kanan menghasilkan thitung (2,983) > ttabel (1,667) yang berarti rata-rata nilai motivasi kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Analisis pengaruh terhadap hasil belajar siswa menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,5086, sedangkan terhadap motivasi belajar siswa, koefisien korelasi yang dihasilkan adalah sebesar 0,4756. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: ada pengaruh positif active learning competition dengan model ARIAS terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan kontribusi sebesar 25,87%, sedangkan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,61%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Active learning competition, model ARIAS, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 03:59
Last Modified: 05 Jul 2012 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item