Efektivitas dan Efisiensi Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated dalam Pembelajaran Tema Cahaya.


Muqoyyanah , 4201405041 (2009) Efektivitas dan Efisiensi Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated dalam Pembelajaran Tema Cahaya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas dan Efisiensi Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated dalam Pembelajaran Tema Cahaya.]
Preview
PDF (Efektivitas dan Efisiensi Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated dalam Pembelajaran Tema Cahaya.) - Published Version
Download (886kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated dibandingkan dengan model pembelajaran IPA terpisah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwana tahun ajaran 2008/2009. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated, sedangkan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran IPA terpisah. Tema cahaya dalam pembelajaran terpadu ini merupakan materi gabungan dari tiga mata pelajaran, yaitu fisika, biologi, dan geografi. Tes pilihan ganda pada akhir pembelajaran digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar afektif dan psikomotorik selama pembelajaran berlangsung digunakan lembar observasi. Rata-rata nilai kognitif siswa dengan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated sebesar 76,77 dengan nilai tertinggi 93. Rata-rata nilai kognitif siswa dengan model pembelajaran IPA terpisah sebesar 79,80 dengan nilai tertinggi 90. Rata-rata nilai afektif siswa dengan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated sebesar 77,92 dan rata-rata nilai psikomotoriknya sebesar 89,52. Rata-rata afektif siswa dengan model pembelajaran IPA terpisah sebesar 77,78 dan rata-rata nilai psikomotoriknya 89,05. Berdasarkan hasil nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated efektivitasnya tidak berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran IPA terpisah. Model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated lebih efisien dalam hal waktu dibandingkan model pembelajaran IPA terpisah. Jadi model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak sekolah dan guru dapat menerapkan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated dalam mengefektifkan dan mengefisienkan pembelajaran. Kelayakan penerapan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated ini dengan terlebih dulu memperbaiki kualitas guru dalam memahami model pembelajaran terpadu dan menguasai materi-materi yang dapat dipadukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Efisiensi, Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2011 01:43
Last Modified: 25 Apr 2015 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item