Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Menggunakan Media Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA N 1 Purwodadi.


Gadang Indralika, ., 4301407025 (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Menggunakan Media Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA N 1 Purwodadi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Menggunakan Media Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA N 1 Purwodadi.] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Menggunakan Media Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA N 1 Purwodadi.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pembelajaran di SMA N 1 Purwodadi masih pembelajaran konvensional.Keterampilan dalam berdiskusi, menyampaikan gagasan dan penggunaan teknologi informasi masih kurang.Pembelajaran dapat dikembangkan dengan potensi yag dimiliki oleh sekolah tersebut, salah satunya dengan pemanfaatan jaringan internet yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC menggunakan media berbasis website terhadap hasil belajar kimia materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa SMA N 1 Purwodadi, jika terbukti ada pengaruh maka selanjutnya dihitung besar pengaruh tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purwodadi. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Control Group Pre test-Post test.Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test sebelum diberikan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen adalah 39,353 sedangkan pada kelas kontrol adalah 40.294. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa relatif sama. Rata-rata nilai post test kelas eksperimen83,588 dan kelas kontrol79,765. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Pada uji perbedaan dua rata-rata dua pihak dihasilkan thitung (3,514) > ttabel (1,997) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan, thitung (3,514) > ttabel (1,997) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelaskontrol.Besar pengaruh dianalisis dengan korelasi biserial dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis diperoleh rb 0,49 dengan besarnya kontribusi 24,41%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adapengaruh penerapan model pembelajaran CIRC menggunakan media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa SMA Negeri 1 Purwodadi. Saran yang diberikan: Guru kimia hendaknya menerapkan model pembelajaran CIRC menggunakan media pembelajaran berbasis website untuk memperdalam pemahaman siswa dalam belajar kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition, Website, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 03:07
Last Modified: 05 Jul 2012 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13026

Actions (login required)

View Item View Item