Pengaruh Model Pembelajaran Selecting Organizing Integrating melalui Pendekatan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Kimia
Armydha.Dwi Susanti, , 4301407013 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Selecting Organizing Integrating melalui Pendekatan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Kimia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Selecting Organizing Integrating melalui Pendekatan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Kimia)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Guru sebagai fasilitator pendidikan diupayakan mempunyai persiapan materi yang matang untuk pembelajaran di dalam kelas. Sebagai sebuah alternatif, guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran Selecting Organizing Integrating. Proses pembelajaran dilakukan melalui penyediaan perhatian terhadap materi yang penting dengan selecting, mengorganisasi materi tersebut dalam representasi yang jelas melalui proses organizing, dan mengintegrasikan representasi- representasi tersebut dengan pengetahuan yang telah dimiliki melalui proses integrating yang mempermudah siswa dalam membangun pemahamannya. Melalui metode drill siswa menjadi terbiasa untuk mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran selecting organizing integrating melalui pendekatan metode drill terhadap hasil belajar materi larutan penyangga dan hidrolisis garam kelas XI siswa SMA Negeri 1 Pati. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas XI-IPA-5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI-IPA-4 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan berbagai cara yaitu, dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Analisis data dilakukan dua tahap, tahap awal dan akhir. Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan analisis hasil uji coba soal. Analisis tahap awal menunjukkan, populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan data terdistribusi normal. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan post-test dan dilakukan analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, koefisien determinasi, analisis aspek afektif dan psikomotorik, serta analisis tanggapan siswa. Diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kontrol yaitu masing-masing sebesar 83,02 dan 78,02. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (4,168) > ttabel (1,999). Uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,58 dan thitung (5,63) > ttabel (2,00), sehingga melalui perhitungan koefisien determinasi diperoleh besarnya kontribusi 33,86%. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran selecting, organizing, integrating melalui pendekatan metode drill berpengaruh sebesar 33,86% terhadap hasil belajar kimia siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model selecting organizing integrating, metode drill, hasil belajar. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 03:01 |
Last Modified: | 05 Jul 2012 03:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13023 |
Actions (login required)
View Item |