Sintesis Serbuk Mn Ferit dengan Metode Kalsinasi pada Temperatur Rendah.


Dhafid Etana. Putra, 5240407018 (2011) Sintesis Serbuk Mn Ferit dengan Metode Kalsinasi pada Temperatur Rendah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis Serbuk Mn Ferit dengan Metode Kalsinasi pada Temperatur Rendah.] Microsoft Word (Sintesis Serbuk Mn Ferit dengan Metode Kalsinasi pada Temperatur Rendah.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pasir besi yang keberadaannya terdistribusi secara luas serta jumlahnya melimpah di Indonesia menjadi daya tarik untuk dikembangkan menjadi produk yang lebih bernilai dan berdaya guna. Diluar negeri pasir besi tersebut diolah dan dimanfaatkan menjadi berbagai magnet yang dapat diaplikasikan dalam komponen listrik dan elektronik. Berdasarkan potensi tersebut perlu pengkajian untuk memanfaatkan pasir besi secara intensif menjadi magnet ferit. Mn ferit biasanya di buat dengan temperatur diatas 1000°C. Dengan suhu yang sangat tinggi dirasa kurang efisien, sehingga diperlukan usaha membuat serbuk Mn ferit dengan kalsinasi rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metalurgi Serbuk karena lebih mudah dan efisien. Hasil yang diperoleh berupa Serbuk Mn Ferit dengan kalsinasi rendah yang berhasil dibuat pada suhu 600°C dengan persentase tertinggi. Pembuatan serbuk MnFe2O4 dengan bahan dasar pasir besi ( Fe3O4 ) dan MnO2 telah berhasil di buat dengan metode kalsinasi pada temperatur rendah. Pembuatan MnFe2O4 dengan cara memanaskan bahan dicampur dengan HNO3 dengan Furnace pada temperatur 400° C,500° C dan 600° C selama 4 jam. Hasil analisis XRD MnFe2O4 dengan bahan dasar pasir besi dan MnO2 hasil ekperimen sudah terbentuk Kristal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mn Ferit, Metalurgi Serbuk, Kalsinasi.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:55
Last Modified: 05 Jul 2012 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item View Item