Komitmen Organisasi Petugas Pemadam Kebakaran Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Hadrianus Indra Kusuma, 1550406006 (2011) Komitmen Organisasi Petugas Pemadam Kebakaran Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Komitmen Organisasi Petugas Pemadam Kebakaran Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja] Microsoft Word (Komitmen Organisasi Petugas Pemadam Kebakaran Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah komitmen organisasi petugas pemadam kebakaran terhadap Dinas Kebakaran Kota Semarang tempat mereka bekerja, yang ditinjau dari persepsi terhadap keselamatan dan kesehatan kerja. Persepsi petugas terhadap keselamatan dan kesehatan kerja yang mereka alami di lapangan berhubungan dengan komitmen mereka bekerja terhadap Dinas Kebakaran Kota Semarang. Persepsi negatif petugas terhadap standar pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja Dinas Kebakaran akan menimbulkan rendahnya komitmen organisasi para petugas. Hal itu akan berdampak negatif terhadap kinerja Dinas Kebakaran Kota Semarang dalam melakukan aktivitas keseharian ketika melakukan pemadaman. Petugas Dinas Kebakaran Kota Semarang dipilih sebagai subjek penelitian karena merupakan populasi yang mengalami dan terlibat secara langsung dalam setiap kegiatan pemadaman kebakaran di Kota Semarang. Idealnya, komitmen organisasi petugas pemadam kebakaran berhubungan dengan persepsi petugas terhadap keselamatan dan kerja. Persepsi positif petugas terhadap standar pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja akan menimbulkan komitmen organisasi yang tinggi pada petugas kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi petugas terhadap keselamatan dan kesehatan kerja dengan komitmen organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah petugas lapangan Dinas Kebakaran Kota Semarang yang berjumlah 80 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala komitmen dan skala persepsi. Skala komitmen terdiri dari 42 aitem valid dengan kisaran koefisien validitas dari 0,226 sampai dengan 0,680 dan koefisien reliabilitasnya 0,897. Skala persepsi terdiri dari 46 aitem valid dengan kisaran koefisien validitas dari 0,234 sampai dengan 0,578 dan koefisien reliabilitasnya 0,904. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,733 dengan nilai signifikansi atau p = 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X dan Y tergolong sanagt signifikan. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa persepsi positif terhadap keselamatan dan kesehatan kerja menimbulkan komitmen organisasi yang tinggi pada petugas pemadam kebakaran. Peneliti menyarankan kepada para petugas untuk tetap mempertahankan kualitas pekerjaan dan dedikasinya terhadap dinas kebakaran, serta tidak ragu menyampaikan keluhan perihal perbaikan kualitas peralatan lapangan yang menunjang pekerjaan mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen, Persepsi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:47
Last Modified: 05 Jul 2012 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item