Strategi Stimulasi Pembelajaran Bahasa Jawa melalui Kegiatan Music and Movement


Ika Riyati, 1601908046 (2011) Strategi Stimulasi Pembelajaran Bahasa Jawa melalui Kegiatan Music and Movement. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Stimulasi Pembelajaran Bahasa Jawa melalui Kegiatan Music and Movement] Microsoft Word (Strategi Stimulasi Pembelajaran Bahasa Jawa melalui Kegiatan Music and Movement) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Hasil kemampuan bahasa anak kelompok B TK Muslimat Jatirejo masih relatif rendah, berdasarkan pengamatan hasil pengembangan bahasa dan motivasi anak dari permasalahan tersebut maka peneliti mempunyai gagasan untuk melakukan Penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan stimulasi music and movement di TK Muslimat Jatirejo dalam pengembangan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan motivasi belajar siswa, serta meningkatkan kinerja (performance) guru. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Muslimat Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang pada tanggal 22 Oktober sampai 4 Desember 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut : meningkatnya kemampuan berbahasa anak 70%, meningkatnya motivasi belajar anak 70%, kinerja guru minimal B. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I diperoleh kemampuan bahasa anak mencapai 61,29%, dalam motivasi anak dilihat dari kosa kata 48,38%, kelancaran 51,61%, keberanian 67,74%, bergerak sesuai nyanyian 77.41%, kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran 3,46 dan dalam pelaksanaan pembelajaran 3,58, Sedangkan pada sisklus II mengalami peningkatan yaitu kemampuan bahasa 83,06%, dalam motivasi anak dilihat dari kosa kata 83,87%, kelancaran 87,10%, keberanian 80,63%, bergerak sesuai nyanyian 80,65%, kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran 3,66 dan dalam pelaksanaan pembelajaran 3,72. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan stimulasi music and movement dalam pengembangan bahasa di TK Muslimat Jatirejo dapat meningkatkan kemampuan bahasa, motivasi belajar siswa dan meningkatkan kinerja (performance) guru dalam mengembangkan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan stimulasi music and movement dalam pengembangn bahasa agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan Bahasa melalui Kegiatan Music and Movement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:29
Last Modified: 05 Jul 2012 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

View Item View Item