Profil Kemampuan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES


Arfiyanto, Y., 4201406502 (2012) Profil Kemampuan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Profil Kemampuan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES] Microsoft Word (Profil Kemampuan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pembelajaran fisika di perguruan tinggi berbeda dengan pembelajaran fisika di tingkat SMA, di perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk lebih mengembangkan diri serta tidak bergantung dari dosen yang mengampu, mahasiswa harus bisa lebih mandiri mempersiapkan dirinya sendiri dalam segala hal. Keterampilan yang diperlukan untuk belajar fisika dapat dikategorikan sebagai kemampuan berpikir, keterampilan proses sains, keterampilan TIK, keterampilan komunikasi,dan interpersonal skill. Ketrampilan komunikasi seperti mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca merupakan keterampilan dasar yang diperlukan dan dikembangkan lebih lanjut dalam fisika. Oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan-kemampuan yang menunjang dalam pembelajarannya, salah satunya adalah kemampuan komunikasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi ilmiah mahasiswa fisika Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh melalui angket yang diberikan kepada sampel mahasiswa per semester yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang kemampuan komunikasi ilmiah untuk menggali sejauh mana gambaran umum kemampuan komunikasi ilmiah mahasiswa fisika Unnes per semester. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan : menggali informasi (information retrieval) , membaca ilmiah (scientific reading), mendengar dan mengamati (lestening and observing), menulis karya ilmiah (scientific writing), menggambarkan informasi (information representation), dan mempresentasikan pengetahuan (knowledge presentation). Apabila data telah terkumpul data dinyatakan dalam kata-kata atau simbol kemudian ditabulasikan dan ditentukan rata-rata persentasenya. Secara umum, kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi ilmiah mahasiswa fisika Unnes pada kemampuan menggali informasi termasuk dalam kategori tinggi, pada kemampuan membaca ilmiah termasuk dalam kategori sedang, pada kemampuan mendengar dan mengamati termasuk dalam kategori tinggi, pada kemampuan menulis karya ilmiah termasuk dalam kategori sedang, pada kemampuan menggambarkan informasi termasuk dalam kategori sedang, sedangkan pada kemampuan mempresentasikan pengetahuan termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran fisika, kemampuan komunikasi ilmiah.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 09:24
Last Modified: 05 Jul 2012 09:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item