Analisis Model Runtun Waktu dan Estimasi Jumlah Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dengan Program Minitab.


Nur Aliyah, , 41514307018 (2011) Analisis Model Runtun Waktu dan Estimasi Jumlah Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dengan Program Minitab. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Model Runtun Waktu dan Estimasi Jumlah Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dengan Program Minitab. ] Microsoft Word (Analisis Model Runtun Waktu dan Estimasi Jumlah Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dengan Program Minitab. ) - Published Version
Download (16kB)

Abstract

Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang merupakan salah satu bentuk sarana pendidikan, yang juga merupakan ujung dari pelayanan pendidikan bagi masyarakat di lingkungan Kabupaten Semarang. Salah satu tolak ukur keberhasilan perpustakaan adalah tingkat peminjaman buku atau banyaknya pengunjung di perpustakaan. Ramalan pengunjung memegang peranan penting, karena merupakan komponen utama yang perlu diperhatikan di dalam perencanaan-perencanaan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk model runtun waktu pada data jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang, nilai hasil estimasi pada model tersebut, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa mempengaruhi jumlah pengunjung dilihat dari tingkat kepuasan pelayanan. Metode pengumpulan daya dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, kepustakaan, angket, dan wawancara. Data yang digunakan untuk proyeksi jumlah pengunjung adalah data jumlah pengunjung dari bulan Januari 2009 sampai Desember 2011. Variabel yang digunakan untuk analisis faktor adalah prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggungjawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas pelayanan, dan kenyamanan lingkungan. Dari hasil pengolahan data menggunakan analisis runtun waktu didapatkan model yang cocok untuk data jumlah pengunjung yaitu ARIMA (1, 2, 1) yang mempunyai bentuk umum dengan = -0,2705 dan parameter = 1,0946, didapatkan jumlah pengunjung hasil peramalan untuk bulan Januari 2012 sebanyak 9640 orang, bulan Februari 2012 sebanyak 9810 orang dan seterusnya sampai dengan bulan Desember 2014 sebanyak 25340 orang. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis faktor dapat diketahui bahwa dari 10 variabel telah tereduksi menjadi 2 faktor yaitu faktor administrasi dan faktor loyalitas Diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung terhadap pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dan sebagai bahan antisipasi kemrosotan mutu sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Model Runtun Waktu dan Estimasi,perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:19
Last Modified: 05 Jul 2012 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item