“Optimalisasi Hasil Belajar Memainkan Melodi Tangga Nada Perubahan Menggunakan Alat Musik Pianika Dengan Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas 8-G SMP 1 Brangsong Tahun Pelajaran 2008/2009”


HARDILAN , 2501907028 (2009) “Optimalisasi Hasil Belajar Memainkan Melodi Tangga Nada Perubahan Menggunakan Alat Musik Pianika Dengan Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas 8-G SMP 1 Brangsong Tahun Pelajaran 2008/2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Optimalisasi Hasil Belajar Memainkan Melodi Tangga Nada Perubahan Menggunakan Alat Musik Pianika Dengan Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas 8-G SMP 1 Brangsong Tahun Pelajaran 2008/2009”]
Preview
PDF (“Optimalisasi Hasil Belajar Memainkan Melodi Tangga Nada Perubahan Menggunakan Alat Musik Pianika Dengan Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas 8-G SMP 1 Brangsong Tahun Pelajaran 2008/2009”) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dimana subyek penelitian adalah siswa kelas 8-G yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yang diawali dengan pra siklus dan ditindak lanjuti dengan siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus menempuh empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasio, dan wawancara. Dan teknik analisis data adalah menggunakan teknik kuantitatif untuk mengolah data dari hasil tes siswa berdasarkan jumlah nilai, sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk menganalisi dari data-data non tes seperti angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus, dari pra siklus dari 38 siswa yang diikuti oleh 37 orang siswa dikarenakan 1 orang siswa ijin dengan alasan sakit, sebanyak 24 orang siswa atau 64,85 % tuntas dan sebanyak 13 orang siswa atau 35,15 % belum tuntas. Pada siklus I dari 38 siswa ada 34 orang siswa atau 89,47 % telah tuntas dan 4 siswa atau 10,53 % belum tuntas belajar. Pada siklus II terjadi peningkata lagi yakni dari 38 siswa sebanyak 36 orang siswa atau 94,74 % dan 2 orang siswa atau 5,26 % belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil tersebut diatas maka pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2011 01:32
Last Modified: 25 Apr 2015 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item