Pengaruh Nilai Jual Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor Merk Yamaha Tahun Pembuatan 2008 Di Kabupaten Blora


Bryant Mayang Handayani, 4151306003 (2009) Pengaruh Nilai Jual Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor Merk Yamaha Tahun Pembuatan 2008 Di Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Nilai Jual Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor Merk Yamaha Tahun Pembuatan 2008 Di Kabupaten Blora] Microsoft Word (Pengaruh Nilai Jual Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor Merk Yamaha Tahun Pembuatan 2008 Di Kabupaten Blora) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Untuk menjalankan roda pembangunan diperlukan dana yang bersumber dari masyarakat. Berbagai pungutan dilaksanakan oleh pemerintah, yaitu berupa pajak dan nonpajak. Kendaraan bermotor juga tak luput dari pajak. Pajak kendaraan bermotor bisa dihitung berdasarkan nilai jual dari kendaraan bermotor tersebut. Dari uraian tersebut diatas, maka penulis mengambil judul “Pengaruh Nilai Jual Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor Merk Yamaha Tahun Pembuatan 2008 Di Kabupaten Blora”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nilai jual terhadap pajak yang dikenakan untuk kendaraan bermotor merk Yamaha tahun pembuatan 2008 dan juga untuk mengetahui adakah pengaruhnya apabila nilai jual kendaraan bermotor itu tinggi maka pajak yang dikenakan untuk kendaraan bermotor itu juga tinggi atau tidak. Manfaat dari penelitian ini yaitu Sebagai bahan dasar penelitian dan pemecahan permasalahan serta mendapat pengalaman mengenai masalah yang berhubungan dengan nilai jual dan perpajakan. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah nilai jual kendaraan bermotor merk Yamaha tahun pembuatan 2008. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah pajak kendaraan bermotor merk Yamaha tahun pembuatan 2008. Berdasarkan analisis output hasil penelitian menyatakan bahwa pajak kendaraan bermotor berdistribusi normal dan dapat dilakukan uji selanjutnya. Antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) memiliki korelasi atau hubungan yang sangat kuat. Hal ini terlihat dari hasil signifikan antara X dan Y adalah sebesar 0.000. Yang berarti bahwa 0.000 ≤ 0.05 sehingga antara variabel X dan Y mempunyai hubungan yang signifikan dan sangat kuat. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana diperoleh koefisien determinasi (R2) regresi X terhadap Y sebesar 1.000 atau 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah nilai jual kendaraan bermotor (X) benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap pajak kendaraan bermotor (Y). Besar kontribusi atau pengaruh nilai jual kendaraan bermotor (X) terhadap pajak kendaraan bermotor (Y) merk Yamaha tahun pembuatan 2008, sebesar 100%. Sehingga nilai jual kendaraan bermotor memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pajak kendaraan bermotor dan mempunyai hubungan yang sangat besar. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya kualitas pelayanan terhadap para pembayar pajak harus ditingkatkan agar para pembayar pajak kendaraan bermotor merasa puas atas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pajak
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:11
Last Modified: 05 Jul 2012 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13008

Actions (login required)

View Item View Item