Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended.


Ulfah Rubiati,, 4101408087 (2012) Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. ] Microsoft Word (Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Salah satu keterampilan matematika yang perlu dikuasai siswa adalah kemampuan representasi matematis. Hal ini mejadi sangat perlu karena untuk berpikir matematis dan mengkomunikasukan ide-ide matematis seseorang perlu merepresentasikannya dalam berbagai bentuk representasi matematis, yaitu representasi verbal, simbolik, dan visual. Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat akan menunjang pengembangan kemampuan tersebut, salah satu cara adalah menggunakan pendekatan open-ended. Pembelajaran dengan pendekatan open-ended merupakan pembelajaran yang memberikan keleluasaan berpikir secara aktif dan mampu mengundang siswa untuk menjawab permasalahan melalui berbagai strategi dan memungkinkan siswa menggunakan berbagi representasi untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Selain faktor kognitif, hal lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor afektif yang salah satunya adalah keyakinan diri atau self-efficacy. Kemampuan self-efficacy juga dituntut dalam kurikulum matematika SMP, yaitu pelajaran matematika harus menanamkan sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri, dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis dan self-efficacy pada siswa SMP melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sulang pada semester kedua tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan kelas VII sebagai populasi penelitian. Data yang diukur adalah data kemampuan representasi matematis dan self-efficacy siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode tes dan lembar pengukuran skala self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tes kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 29,69 atau sekitar 74,22%, sedangkan rata-rata skor tes kemampuan representasi matematis siswa kelas kontrol adalah 24,09 atau sekitar 60,23% dengan skor ideal 40. Secara total untuk rata-rata self-efficacy siswa kelas ekperimen adalah 128,16, sedangkan rata-rata self-efficacy siswa kelas kontrol adalah 92,06. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis dan self-efficacy siswa SMP yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, maka saran bagi para guru untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended pada kemampuan matematis yang lain dan materi yang lain serta self-efficacy siswa terkait kemampuan matematis yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Representasi Matematis, Self-Efficacy, Pendekatan Open-Ended.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:33
Last Modified: 05 Jul 2012 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item View Item