Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan Microsoft Power Point Materi Pokok Keliling dan Luas Segiempat Peserta Didik SMP Negeri 1 Tunjungan Blora Kelas VII Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012


D.W. Fitawati, , 4101408058 (2012) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan Microsoft Power Point Materi Pokok Keliling dan Luas Segiempat Peserta Didik SMP Negeri 1 Tunjungan Blora Kelas VII Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan Microsoft Power Point Materi Pokok Keliling dan Luas Segiempat Peserta Didik SMP Negeri 1 Tunjungan Blora Kelas VII Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan Microsoft Power Point Materi Pokok Keliling dan Luas Segiempat Peserta Didik SMP Negeri 1 Tunjungan Blora Kelas VII Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Berdasarkan laporan hasil UN SMP/MTs 2010/2011, persentase peserta didik SMP Negeri 1 Tunjungan yang menjawab benar untuk soal yang berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar untuk tingkat sekolah 68,07%, tingkat kota/kabupaten 46,07%, tingkat propinsi 49,45%, dan tingkat nasional 66,39%, sedangkan untuk soal keliling gabungan dua bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam keseharian untuk tingkat sekolah 63,87%, tingkat kota/kabupaten 58,75%, tingkat propinsi 61,22%, dan tingkat nasional 72,36%. Salah satu upaya yang dilakukan agar hasil belajar peserta didik lebih baik adalah melalui model pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point dapat mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point lebih baik daripada pembelajaran kooperatif pada materi pokok keliling dan luas segiempat peserta didik SMP Negeri 1 Tunjungan kelas VII semester 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tunjungan tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, terpilih kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 80,763 dan kelas kontrol sebesar 76,568. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji proporsi satu pihak diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar Dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh t_hitung=2,338>t_tabel=1,993, sehingga H_0 ditolak, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Simpulan yang diperoleh adalah rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point dapat mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan Microsoft Power Point lebih baik daripada rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada materi pokok keliling dan luas segiempat peserta didik SMP Negeri 1 Tunjungan kelas VII semester 2.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif STAD, Microsoft Power Point.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:30
Last Modified: 05 Jul 2012 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item