Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk Materi Keliling dan Luas Lingkaran


Himmatul.Ulya, 4101408042 (2012) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk Materi Keliling dan Luas Lingkaran] Microsoft Word (Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk Materi Keliling dan Luas Lingkaran) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika pada umumnya tidak diarahkan untuk membangkitkan pengalaman belajar peserta didik. Salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran adalah aspek penilaian. Pemilihan model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat akan menunjang pembelajaran efektif guna tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran dan teknik penilaian yang menunjang pembelajaran efektif adalah model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan penilaian produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan penilaian produk dan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs. NU Nurussalam Gebog Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Dengan cara acak terpilih sampel yaitu peserta didik kelas VIIIA dan VIIIC sebagai kelas eksperimen 1 dan 2, serta kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 79,91, kelas eksperimen 2 sebesar 73,21, dan kelas kontrol sebesar 66,10. Dari hasil uji ketuntasan belajar uji proporsi diperoleh peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar (individual dan klasikal). Dari hasil uji Anava dengan bantuan SPSS, nilai Sig.= 0,000 kurang dari 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata, kemudian dilakukan uji lanjut Scheffe menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting yang disertai dengan penilaian produk dan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting materi keliling dan luas lingkaran dapat mencapai ketuntasan belajar, model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan penilaian produk lebih baik dari pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting, dan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting lebih baik dari pembelajaran ekspositori. Guru matematika dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dan penilaian produk khususnya pada materi Geometri. Peserta didik diarahkan untuk membuat alat peraga melalui penilaian produk atau jenis penilaian lain sebagai asesmen di dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting, penilaian produk, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:26
Last Modified: 05 Jul 2012 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13001

Actions (login required)

View Item View Item