Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Dynamic Geomtery Software Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pencapaian Tingkat Berpikir Geometri Menurut Van Hiele Peserta Didik SMA Kelas X pada Materi Pokok Dimensi Tiga


Muhammad Isro’.Feriyanto, , 4101407013 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Dynamic Geomtery Software Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pencapaian Tingkat Berpikir Geometri Menurut Van Hiele Peserta Didik SMA Kelas X pada Materi Pokok Dimensi Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)  Berbantuan Dynamic Geomtery Software Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pencapaian Tingkat Berpikir Geometri Menurut Van Hiele Peserta Didik SMA Kelas X  pada Materi Pokok D] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Dynamic Geomtery Software Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Matematika dan Pencapaian Tingkat Berpikir Geometri Menurut Van Hiele Peserta Didik SMA Kelas X pada Materi Pokok D) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang berkembang sangat pesat baik materi maupun kegunaannya. Untuk membuat pelajaran matematika menjadi efektif dan disukai peserta didik maka perlu digunakan model pembelajaran yang menarik, salah satunya model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Dynamic Geometry Software Cabri 3D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TAI berbantuan DGS Cabri 3D dibandingkan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dan adanya perbedaan pencapaian tingkat berpikir geometri peserta didik kelas X semester 2 SMAN 3 Pekalongan tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMAN 3 Pekalongan tahun pelajaran 2010/2011. Dua Sampel yang digunakan diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas uji coba adalah kelas X6. Untuk mengetahui hasil belajar dan pencapaian tingkat berpikir peserta didik digunakan tes evaluasi. Soal evaluasi yang diberikan terlebih dahulu telah diujicobakan di kelas uji coba. Rata-rata nilai evaluasi kelas eksperimen adalah 71,8 sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya 63,96. Pada uji hipotesis rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung ¬= 14,265 > ttabel = 1,6955 sehingga Ho ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari KKM 70 yang ditetapkan sekolah. Selain itu pada uji hipotesis kesamaan rata-rata diperoleh thitung = 4,031 berada diluar daerah antara –t = -2,0395 dan t = 2,0395 sehingga H0 ditolak, dengan demikian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji Anava dua jalan Friedman menunjukan 〖χ^2〗_hitung= 1517,3125 >〖χ^2〗_tabel=3,481 dan H0 ditolak sehingga ada perbedaan yang signifikan pada pencapaian tingkat berpikir geometri antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis uji t disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TAI berbantuan DGS Cabri 3D lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar matematika dan terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian tingkat berpikir geometri menurut Van Hiele peserta didik SMA Negeri 3 Pekalongan pada materi pokok dimensi tiga. Disarankan guru dapat lebih memotivasi peserta didik untuk lebih mengembangkan keterampilan bekerja sama dalam kehidupan bermasyarakat peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan DGS Cabri 3D perlu terus dikembangkan dan diterapkan pada materi pokok dimensi tiga yang lain dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Team Assisted Individualization , hasil belajar,tingkat berpikir geometri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 00:59
Last Modified: 05 Jul 2012 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item View Item