Pengaruh Motivasi dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pemanfaatan Alat Peraga.

Anang.Sucipto,, 4101406542 (2011) Pengaruh Motivasi dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pemanfaatan Alat Peraga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran matematika lebih mengedepankan adanya proses belajar mengajar yang baik daripada hasil akhirnya. Untuk itu diperlukan motivasi dan aktivitas dari dalam diri maupun dari luar siswa agar pembelajaran berlangsung lebih efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas tersebut adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pemanfaatan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang positif motivasi dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pemanfaatan alat peraga, serta untuk mengetahui besar pengaruh tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Islam Gunungpati tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB yang diambil dengan teknik cluster random sampling yang selanjutnya dikenai model pembelajaran NHT. Variabel dalam penelitian ini meliputi motivasi belajar sebagai X1, aktivitas belajar siswa sebagai X2, dan hasil belajar siswa sebagai Ŷ. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear ganda Y ̂=-28,69+0,76X_1+0,57X_2 dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,712 atau 71,2%. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,5069 atau 50,69%. Hasil uji keberartian koefisien korelasi ganda diperoleh F_hitung=15,93, sedangkan nilai F_tabel=3,32. Terlihat bahwa F_hitung>F_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi ganda berarti. Hal ini berarti bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa ada pengaruh yang positif motivasi dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 50,69%. Saran yang dapat diberikan adalah model pembelajaran NHT dengan pemanfaatan alat peraga dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika di sekolah khususnya pada materi pokok lingkaran karena hasil penelitian menunjukkan bahwa model tersebut dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2012 20:51
Last Modified: 04 Jul 2012 20:51

Actions (login required)

View Item