Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Pokok Segiempat.


Uswatun.Hasanah, , 4101406529 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Pokok Segiempat.] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Pokok Segiempat.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika disebagian besar sekolah terlihat kurang optimal, sehingga perlunya inovasi guru untuk menentukan pembelajaran yang melibatkan peserta didik. Melalui model pembelajaran Berbasis Proyek diharapkan kemampuan yang dimiliki peserta didik dapat berkembang. Salah satu kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah hasil belajar kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan model pembelajaran PBP dengan memanfaatkan LKPD dapat memenuhi atau lebih dari standar ketuntasan klasikal minimal, (2) apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh materi pembelajaran dengan model PBP lebih dari rata-rata peserta didik yang memperoleh materi pembelajaran dengan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimen yang diberi Pembelajaran Berbasis proyek, satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIID yang diberi pembelajaran ekpositori dan kelas uji coba instrumen tes yaitu kelas VIIE. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi, dan tes. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dua rata-rata dan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil belajar diperoleh 86,1% peserta didik yang memperoleh PBP mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh zhitung=0,1867> ztabel=0,17. Hal ini berarti lebih dari 85% peserta didik yang memperoleh PBP mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis kedua diperoleh x ̅_1=70,833, x ̅_2= 62,388 dan thitung=0,508>ttabel=0,0315. Ini berarti kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan model pembelajaran PBP dengan memanfaatkan LKPD dapat memenuhi standar ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Pembelajaran berbasis proyek lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Ekspositori pada materi pokok segiempat peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Saran yang diajukan adalah model pembelajaran berbasis proyek dapat dipilih sebagai salah satu alternatif model dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika pada kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 00:48
Last Modified: 05 Jul 2012 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item