Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Permainan Kuis Cepat Tepat Menggunakan Smart Mathematics Board terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran di Kelas VIII

Ratih K.Gunawan,, 4101405053 (2009) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Permainan Kuis Cepat Tepat Menggunakan Smart Mathematics Board terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran di Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran matematika dengan permainan diharapkan mengurangi kecemasan siswa sehingga dapat belajar matematika lebih menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) apakah prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diajar metode ekspositori, (2) apakah keaktifan siswa dengan model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan (3) apakah siswa yang diajar model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board mencapai ketuntasan belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Ungaran tahun pelajaran 2008/2009. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas 8.6 sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran TGT dan kelas 8.7 sebagai kelas kontrol yang dikenai metode ekspositori. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji kesamaaan rata-rata dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian adalah rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 69,875 lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar kelas kontrol 59,2. Uji ketuntasan belajar diperoleh nilai , menunjukkan prestasi belajar kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Uji keberartian regresi diperoleh nilai , menunjukkan pengaruh kuat antara keaktifan dengan prestasi belajar kelas eksperimen. Simpulan penelitian ini: (1) prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori, (2) keaktifan siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan (3) siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board dapat mencapai ketuntasan belajar. Saran penelitian ini adalah: (1) Guru dapat melakukan variasi dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan permainan kuis cepat tepat menggunakan smart mathematics board pada materi garis singgung lingkaran, (2) Guru harus dapat mengkondisikan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, (3) Guru dapat menciptakan media pembelajaran yang digunakan sesuai model pembelajaran yang diterapkan agar ketuntasan prestasi belajar siswa dapat tercapai, (4) Perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Garis Singgung Lingkaran, Kuis Cepat Tepat dengan Smart Mathematics Board, Teams Games Tournaments
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2012 20:44
Last Modified: 04 Jul 2012 20:44

Actions (login required)

View Item