Peningkatan Kemampuan Perempuan Melalui Kegiatan Dharma Wanita : Studi Kasus Di Kecamatan Subah Kabupaten Batang


Iinovi. Juandiati, , 3501407090 (2011) Peningkatan Kemampuan Perempuan Melalui Kegiatan Dharma Wanita : Studi Kasus Di Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Perempuan Melalui Kegiatan Dharma Wanita : Studi Kasus Di Kecamatan Subah  Kabupaten Batang] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Perempuan Melalui Kegiatan Dharma Wanita : Studi Kasus Di Kecamatan Subah Kabupaten Batang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan peningkatan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan serta meningkatkan kemampuan perempuan. Salah satu pemberdayaan perempuan dengan meningkatkan kemampuan perempuan terutama anggotanya. Meningkatkan kemampuan ibu-ibu anggota Dharma Wanita dengan berbagai kegiatan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bentuk-bentuk peningkatan kemampuan perempuan melalui kegiatan Dharma Wanita, 2) Mengetahui peranan Dharma Wanita dalam meningkatkan kemampuan anggotanya, 3) Mengetahui dampak peningkatan kemampuan perempuan melalui kegiatan Dharma Wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu-ibu anggota Dharma Wanita. Informan dalam penelitian ini adalah: Ketua Dharma Wanita Kecamatan Subah, ketua bidang kegiatan Dharma Wanita, suami anggota Dharma Wanita,Camat, dan anggota Dharma Wanita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk peningkatan kemampuan perempuan melalui kegiatan Dharma Wanita dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti penyuluhan kesehatan perempuan, berkreasi mengolah makanan, dan membuat hiasan jilbab dan membuat hiasan dari kain flanel 2) Peranan Dharma Wanita dalam meningkatkan kemampuan anggotanya yaitu membantu ibu-ibu anggota yang tidak bekerja mendapatkan pengetahuan serta keterampilan, dan mematahkan anggapan negative mengenai Dharma Wanita 3) Dampak adanya peningkatan kemampuan perempuan melalui kegiatan Dharma Wanita adalah a) Dampak untuk individu yaitu bertambahnya wawasan, keterampilan, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi diri sendiri b) Dampak terhadap keluarga yaitu keterampilan yang diperoleh dapat diaplikasikan di dalam keluarga seperti keterampilan dan mengkreasikan olahan makanan c) Dampak terhadap masyarakat yaitu dengan membuka kursus keterampilan menjahit bagi remaja perempuan. Saran ditujukan pada 1) Pengurus Dharma Wanita Kecamatan Subah membuat pembukuan mengenai kegiatan-kegiatan, dan anggota Dharma Wanita dapat memberikan ide-ide kreatif dalam kegiatan. 2) Dharma Wanita Kabupaten lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bekerjasama dengan Dharma Wanita Kecamatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan, Dharma Wanita, Pemberdayaan Perempuan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 00:40
Last Modified: 05 Jul 2012 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item