Kerusakan Alam Dalam Kehidupan Sebagai Tema Dalam Karya Seni Lukis


Surya Wahyudi, 2450405011 (2011) Kerusakan Alam Dalam Kehidupan Sebagai Tema Dalam Karya Seni Lukis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kerusakan Alam Dalam Kehidupan Sebagai Tema Dalam Karya Seni Lukis] Microsoft Word (Kerusakan Alam Dalam Kehidupan Sebagai Tema Dalam Karya Seni Lukis) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Dalam mengungkapan suatu ide dan gagasan dapat berasal dari mana saja, bertitik tolak pada kondisi alam sekarang inilah, penulis membuat proyek studi karya seni lukis mengenai relasi kerusakan alam. Kehidupan di dunia ini tidak terlepas dari keseimbangan serta harmonisasi hidup yang saling berdampingan. Interaksi antar sesama makhluk hidup haruslah seiring berjalan bersama dan saling toleransi agar kehidupan dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi, konsep kehidupan tersebut sekarang ini sudah tidak berjalan dengan seimbang dan tidak terkendali/chaos. Alam sudah rusak dan tidak bersahabat dengan kita. Melalui karya seni lukis ini penulis ingin menyampaikan suatu pemikiran-pemikiran yang berhubungan dengan konsep alam ini. Menyampaikan sesuatu yang dapat menumbuhkan rasa kesadaran kita sebagai manusia terhadap alam, agar bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan alam. Metode berkarya yang penulis lakukan dalam proyek studi ini yaitu memilih gagasan yang di dasarkan pada pengalaman kehidupan penulis yang merasa ada sesuatu yang berbeda antara keadaan alam sekarang dengan keadaan alam yang dahulu ketika kecil, kemudian menemukan hal-hal yang berkaitan dengan kerusakan alam yang semuanya di jadikan sebagai sumber inspirasi berkarya seni lukis. Alat-alat yang digunakan seperti kuas, palet, pensil, karet penghapus, kain perca, tempat air dan spon. Selain itu bahan yang digunakan yaitu kain kanvas, spanram, cat acrylic, pigmen warna dan air. Karya yang penulis buat melalui pendekatan fantasi dengan melakukan pendistorsian bentuk, proporsi subyek dan warna agar lebih mewakili tema. Karya yang penulis hasilkan sebanyak 30 lukisan dengan ukuran 30cm x 40cm ini memvisualisasikan kerusakan menjadi bermakna harmoni. Hal yang bersifat chaos di ubah menjadi cosmos. Melalui proyek studi ini diharapkan masyarakat luas bisa lebih mengerti tentang alam serta menjaganya dengan baik. Diharapkan pula bagi masyarakat seni rupa terutama mahasiswa seni rupa UNNES agar bisa berpikir tentang sesuatu yang beda dalam berkarya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 00:39
Last Modified: 05 Jul 2012 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12991

Actions (login required)

View Item View Item