Nilai Humanisme Pada Fabel Dalam Buku Ilustrasi Pop-Up. Proyek Studi


Taufiq Brian Mandata, 2450405010 (2011) Nilai Humanisme Pada Fabel Dalam Buku Ilustrasi Pop-Up. Proyek Studi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Nilai Humanisme Pada Fabel Dalam Buku Ilustrasi Pop-Up. Proyek Studi] Microsoft Word (Nilai Humanisme Pada Fabel Dalam Buku Ilustrasi Pop-Up. Proyek Studi) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Sebuah apresiasi terhadap keanekaragaman dan keunikan fauna alam tropis Indonesia, maka proyek studi karya ilustrasi buku ini diwujudkan. Dalam mengungkapkan ide, penulis mengacu pada satu permasalahn tentang fauna asli Indonesia yang kurang dikenal dan banyak diantaranya yang terancam punah. Bertolak dari hal tersebut maka proyek studi karya ilustrasi ini berjudul ”Nilai Humanisme Pada Fabel Dalam Buku Ilustrasi Pop-Up”. Penulis mengilustrasikan ragam fauna Indonesia disertai dengan sisipan nilai-nila berkehidupan atau humanisme di dalamnya. Melalui ide atau gagasan serta imajinasi, kemudian penulis terjemahkan ke dalam karya visual. Media yang digunakan dalam proses penciptaan karya ini yaitu alat tulis, pensil, pensil warna, penggaris, jangka, busur derajat, pewarna akrilik, cat air, kuas, kertas gambar Canson Water Color A3 170 gsm, komputer dengan Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop Cs2, serta perangkat pendukung tambahan yaitu scanner, bahan perekat yang digunakan yaitu isolasi bolak-balik, lem Aica Aibon. Proses berkarya adalah: (1) Praproduksi, (2) Produksi, (3) Pasca produksi. Hasil proyek studi ini berupa karya ilustrasi buku pop-up dengan obyek utama ragam fauna Indonesia. Jumlah karya ilustrasi buku adalah satu buah yang bercerita tentang petualangan seorang pemuda bernama Tarman di dalam hutan dan lautan Indonesia yang dihuni banyak satwa, dengan ukuran buku 40 cm x 20 cm yang terdiri dari dua belas halaman, dengan spesifikasi sebelas halaman pop-up dan satu halaman non pop-up. Dengan adanya karya ilustrasi buku pop-up yang penulis buat semoga dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat dan generasi muda pada khususnya untuk lebih mengenal dan menyayangi fauna yang hidup di hutan tropis dan lautan Indonesia yang kita banggakan ini. Dan semoga proyek studi yang penulis kerjakan dapat bermanfaat juga bagi teman-teman mahasiswa lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 00:36
Last Modified: 05 Jul 2012 00:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item