Studi Komparasi Model Pembelajaran SEM Dengan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Materi Kelompok Sosial Siswa Kelas XI IPS MA Taqwal Ilah Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2010/2011


Ika Nur Cahyanti, 3501406546 (2011) Studi Komparasi Model Pembelajaran SEM Dengan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Materi Kelompok Sosial Siswa Kelas XI IPS MA Taqwal Ilah Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Model Pembelajaran SEM Dengan  Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Materi Kelompok Sosial Siswa Kelas XI IPS MA Taqwal Ilah Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Studi Komparasi Model Pembelajaran SEM Dengan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Materi Kelompok Sosial Siswa Kelas XI IPS MA Taqwal Ilah Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Pembelajaran ekspositori yang selama ini digunakan oleh sebagian besar guru dalam mengajar masih kurang sesuai dan kurang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuannya karena pembelajaran yang dilakukan masih banyak menekankan pada ceramah siswa mendengarkan dan guru satu-satunya sebagai sumber informasi. Pembelajaran yang diperlukan saat ini adalah pembelajaran yang inovatif dan kreatif,dengan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran kooperatif tipe SEM karena mampu menumbuhkan siswa untuk bekerjasama dalam kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran pembelajaran SEM (Structure Exercise Method) mata pelajaran sosiologi Materi Kelompok Sosial siswa kelas XI IPS MA TAQWAL ILLAH Tembalang Tahun Ajaran 2010/2011, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori mata pelajaran sosiologi Materi Kelompok Sosial siswa kelas XI IPS MA TAQWAL ILLAH Tembalang Tahun Ajaran 2010/2011, (3) untuk membandingkan Hasil belajar siswa pelajaran Sosiologi materi Kelompok Sosial pada siswa kelas XI IPS MA Taqwal Ilah Tembalang tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan Model Pembelajaran SEM dan menggunakan Pembelajaran Ekspositori. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MA Taqwal Ilah Tembalang tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 104 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI C sebagai kelas eksperimen, siswa kelas XI A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI B sebagai kelas uji coba. Variabel dalam penelitian ini adalah : pembelajaran sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran Structure Exercise Method (SEM) dan metode ekspositori, variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi. Untuk pengambilan data diujicobakan soal sebanyak 45 butir soal kemudian dihitung Validitas, dan daya beda, kemudian yang memenuhi syarat dipakai untuk mengambil data penelitian yaitu sebanyak 40 butir soal. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dari setelah diadakan Pembelajaran menunjukkan bahwa : (1) rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran pembelajaran SEM (Structure Exercise Method) sesudah pembelajaran mencapai 77,86 yang sebelumnya 67,54, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori adalah 73,36 yang sebelumnya 67,06, (3) adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas, hal ini ditunjukkan dari hasil Melalui uji t diperoleh dari thitung 15,510 > ttabel 2,650 yang berada pada daerah penolakan Ho untuk α =1% dengan dk = 68. Rata–rata hasil belajar kelas exsperimen mencapai 77,86 dan kelas kontrol mencapai 73,36. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada guru (1) guru hendaknya mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran SEM saat pembelajaran, (2) guru perlu melakukan penataan ruang secara efektif untuk menghindari suasana gaduh saat pembentukan kelompok, (3) guru perlu meningkatkan ketrampilan kooperatif masing-masing kelompok agar kerjasama dapat optimal. Saran untuk siswa diharapkan dapat mengembangkan keaktifan serta kemampuan dalam member5ikan penjelasan kepada anggota kelompok. Meskipun penerapan model pembelajaran SEM saat penelitian terdapat beberapa kendala yang dihadapi peneliti, namun dari hasil belajar siswa bisa dilihat perbedaan yang cukupsignifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPS MA Taqwal Ilah Tembalang tahun ajaran 2010/2011 pelajaran Sosiologi materi Kelompok Sosial lebih baik diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Structure Exercise Method (SEM) dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Model Pembelajaran Structure Exercise Method dan Ekspositori, Hasil Belajar, Sosiologi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2012 08:36
Last Modified: 04 Jul 2012 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item