Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Menggambar Ilulustrasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Miroto 02 melalui Media Audio Visual


Aola Romadhona, 2401407010 (2011) Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Menggambar Ilulustrasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Miroto 02 melalui Media Audio Visual. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Menggambar Ilulustrasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Miroto 02 melalui Media Audio Visual] Microsoft Word (Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Menggambar Ilulustrasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Miroto 02 melalui Media Audio Visual) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Kreativitas menggambar ilustrasi siswa kelas V SD Negeri Miroto 02 Semarang masih rendah. Siswa kesulitan jika ditugaskan mencari dan menemukan ide, mengungkapkan ide dalam karya gambar, serta kesulitan menciptakan objek dan mengkomposisikannya dalam gambar ilustrasi. Metode pembelajaran perlu diperbaiki agar kreativitas siswa muncul. Diperlukan media yang tepat dalam kegiatan pembelajaran menggambar ilustrasi. Peneliti merumuskan pembelajaran menggambar ilustrasi dengan media audio visual sebagai cara untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu: (1) bagaimanakah peningkatan kreativitas dalam pebelajaran menggambar ilustrasi siswa kelas V SD Negeri Miroto 02 Semarang setelah dilakukan pembelajaran melalui media audio visual? (2) bagaimana bentuk media audio visual yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran menggambar ilustrasi siswa kelas V SD Negeri 02 Semarang? Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Miroto 02 Semarang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dalam menggambar ilustrasi melalui media audio visual. Peningkatan tersebut diperoleh berdasarkan lima aspek indikator kreativitas menggambar ilustrasi, yaitu aspek: partisipasi dan rasa ingin tahu, kelancaran dan keluwesan dalam menggambar ilustrasi, keaslian ide cerita, keanekaragaman dan elaborasi sintesis, dan kebaruan objek dan teknik menggambar. Hasilnya dapat diketahi bahwa rata-rata nilai tes siswa prasiklus sebesar 66,68 meningkat menjadi 71,9 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 76,13 pada siklus II. Adapun besarnya peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 5,22 atau 7,83%, dari siklus I ke siklus II sebesar 4,33 atau 5,88%, dan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 9,45 atau 14,17%. Media audio visualyang dapat meningkatkan kreativitas menggambar ilustrasi siswa adalah menampilkan tayangan dengan tema yang dekat dengan dunia anak,menyajikan instruksiyang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, bahasa yang mudah dipahami, memuat cerita yang alurnya mudah dipahami, memunculkan penekanan pada hal yang dianggap penting, didukung dengan strategi pembelajaran yang memungkinkan tercapainya keaktifan siswa. Saran yang dapat diajukan adalah: guru seni rupa hendaknya menggunakan media audio visual dalam pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik subjek belajar, para pakar pendidikan seni perlu melakukan penelitian serupa dengan mengembangkan media audio visual, untuk memperkaya inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Menggambar Ilustrasi, Media Pembelajaran Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:42
Last Modified: 04 Jul 2012 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12969

Actions (login required)

View Item View Item