Pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di Tk Aisyiah Pemalang
Hakim Mawardinur, 2503407040 (2012) Pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di Tk Aisyiah Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di Tk Aisyiah Pemalang)
- Published Version
Download (27kB) |
Abstract
Musik memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan pribadi anak terlebih untuk anak usia dini yang harmonis dalam logika, rasa estetis dan artistik serta etika dengan memperhatikan kebutuhan dan perkembangan anak untuk mencapai pribadi yang berkarakter misalnya untuk anak usia TK. Musik sangat berperan penting untuk menunjang pendidikan karakter anak TK. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Karakter merupakan suatu kunci keberhasilan seorang anak untuk masa depanya kelak. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk menunjang pendidikan karakter anak salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan pembelajaran musik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana pembelajaran marcing band dalam menunjang pendidikan karakter anak di TK Aisyiah Pemalang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Yang kedua adalah apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di TK Aisyiah Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsiksn pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di TK Aisyiah Pemalang serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di TK Aisyiah Pemalang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mempunyai sifat deskriptif yaitu permasalahan yang dibahas dilakukan dengan cara menggambarkan/menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan suatu keadaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: pembelajaran marching band sangat efektif dalam menunjang pendidikan karakter anak di TK Aisyiah Pemalang. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran marcing band dalam menunjang pendidikan karakter anak TK adalah, meningkatkan ketakwaan terhadap tuhan YME, kemandirian dan tanggung jawab, hormat dan sntun, dermawan, suka tolong menolong dan gotong royong, percaya diri dan pekerja cerdas, kepemimpinan dan keadilan, toleransi, kedamaian dan kesatuan, mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dan, menunjukan kemampuan belajar secara mandiri. Faktor pendukung pembelajaran marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak di TK Aisyiah Pemalang yang pertama, sudah tersedia media pembelajaran musiknya misal, seperangkat alat marching band. Yang kedua siswa TK Aisyiah sangat antusias untuk belajar musik. Dalam pembelajaran marching band untuk menunjang pendidikan karakter anak TK terdapat berbagai faktor penghambat. Faktor keterbatasan waktu, siswa kadang susah diatur, ada juga siswa yang kadang menangis saat pembelajaran berlangsung, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga hal tersebut bisa menghambat pembelajaran marching band. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu; (1) bagi guru selaku pendidik: (a) agar lebih menambah lagi variasi dalam mengajarkan musik pada anak TK, misalnya dengan menambah media musik untuk pembelajaran seperti VCD atau tape recorder agar pembelajaran musik lebih menarik dan efektif, (b) menambah jam latihan, agar penggunaan media marching band dalam menunjang pendidikan karakter anak mendapat hasil yang maksimal; (2) bagi orang tua sebaiknya ikut serta dalam menunjang pendidikan karakter anak dengan cara mengajari anak bernyanyi, mengenal alat musik dan cara memainkannya, karena proses belajar tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi bisa dilakukan di rumah sehingga pendidikan karakter anak lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 07:27 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 07:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12965 |
Actions (login required)
View Item |