Pengembangan Media Pembelajaran Pola Irama Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini


Andhika Kurniawan, 2503405022 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Pola Irama Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Pola Irama Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini] Microsoft Word (Pengembangan Media Pembelajaran Pola Irama Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Salah satu keberhasilan dalam pembelajaran di sekolah yaitu adanya peran metode dan media, untuk itu diperlukan adanya strategi penggunaan metode dan media dalam pembelajaran sehingga peran metode dan media dapat dilaksanakan dengan tepat. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah (1). Bagaimanakah media pembelajaran pola irama yang sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan dalam pembelajaran musik pada anak usia dini? (2). Bagaimanakah langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pola irama bagi guru pendidikan usia dini? (3). Bagaimanakah efektifitas media pembelajaran pola irama yang dikembangkan terhadap peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pola irama guru ? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pola irama yang berupa media audio visual yang mempertimbangkan kebutuhan guru dalam pembelajaran seni musik pada pendidikan anak usia dini, Meningkatkan pengetahuan guru pendidikan usia dini untuk mengembangkan pola irama di dalam pembelajaran pendidikan usia dini, Mempermudah guru pendidikan usia dini untuk memberikan materi sebuah lagu baru yang diciptakan sendiri, karena adanya media audio visual sebagai pengembangan guru pendidikan anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif penelitian dan pengembangan. Maksudnya adalah suatu program penelitian yang ditindaklanjuti dengan program pengembangan untuk perbaikan atau penyempurnaan tentang “Pengembangan Media Pembelajaran Pola Irama Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini”. Proses penelitian akan ditempuh melalui 4 langkah sebagaimana yang dikemukakan oleh Cenamo dan Kalk (1983:775-776), yakni (1) planing, yang meliputi observasi, wawancara, (2) develop, yang meliputi merancang media, tujuan, isi, bentuk, (3) demonstrate yang meliputi uji coba media, (4) delivery, yang meliputi memberikan media pembelajaran berupa media audio visual (DVD) kepada guru pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian dan pembahasan dapat dimanfaatkan oleh guru taman kanak – kanak sebagai pembelajaran pola irama sehingga dapat membantu guru di dalam proses belajar mengidentifikasi lagu anak – anak dengan pola irama yang telah didapat dari media pembelajaran pola irama berupa VCD/DVD. Berdasarkan simpulan tersebut, saran yang diberikan kepada guru pendidikan anak usia dini hendaknya menggunakan media pembelajaran pola irama dalam mengajarkan pola irama di pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:23
Last Modified: 04 Jul 2012 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12964

Actions (login required)

View Item View Item