Mahasiswa Semester V Program Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Teks Argumentatif Berbahasa Prancis


Hani Rahmawati, 2301405020 (2011) Mahasiswa Semester V Program Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Teks Argumentatif Berbahasa Prancis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mahasiswa Semester V Program Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Teks Argumentatif Berbahasa Prancis] Microsoft Word (Mahasiswa Semester V Program Pendidikan Bahasa Prancis dalam Memahami Teks Argumentatif Berbahasa Prancis) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Teks yang berusaha mengedepankan sebuah pendapat baru atau menarik pendapat yang sebelumnya telah diterima, dengan cara memperbaharui pikiran dan juga perilaku pembaca disebut teks argumentatif. Dalam buku pegangan perkuliahan Campus 2 dan buku Compréhension écrit niveau 2, terdapat beberapa teks yang termasuk teks argumentatif. Mahasiswa semester V. Mengingat pentingnya keterampilan membaca pemahaman di atas, dan berdasarkan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pemberian mata kuliah Comprehension Écrit Pré Avancée pada semester V yaitu antara lain mahasiswa mampu memahami teks yang isinya bersifat mengungkapkan pendapat: berargumentasi, mengembangkan pendapat, maka mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa Prancis yang telah menempuh mata kuliah Comprehension Écrit Pré Avancée , diharapkan mampu memahami teks argumentatif. Untuk itu, dalam rangka mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran memahami teks argumentatif pada mata kuliah Comprehension Écrit Pré Avancée tersebut diperlukan suatu alat yang disebut penilaian. Tes kemampuan tersebut dimaksudkan untuk mengukur tingkat kemampuan mahasiswa dalam memahami teks argumentatif yang disajikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam memahami teks argumentatif berbahasa Prancis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan variabel penelitian ini adalah kemampuan memahami teks argumentatif berbahasa Prancis pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis angkatan 2009. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis yang berjumlah 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Uji koefisien reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha. Data dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Kemampuan mahasiswa semester V Program Studi Pendididkan Bahasa Prancis dalam memahami teks argumentatif berbahasa Prancis termasuk dalam kategori Cukup, dengan nilai rata-rata kemampuannya 60,96. Nilai tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah adalah 89 yang termasuk dalam kategori Baik sekali. Sedangkan nilai terendah yang diperoleh mahasiswa adalah 48 yang termasuk dalam kategori Gagal. Secara terperinci, kemampuan memahami teks argumentatif berbahasa Prancis pada mahasiswa semester V Program Pendidikan Bahasa Prancis dapat dilihat berdasarkan dua kriteria penilaian yaitu tingkat pemahaman ndan tingkat analsis. Pada kriteria penilaian tingkat pemahaman tergolong Baik dengan nilai rata-rata 74,08. Sedangkan pada tingkat analisis tergolong Gagal karena mempunyai rata-rata nilai 49,53.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, teks argumentatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 06:41
Last Modified: 04 Jul 2012 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item